Uncategorized

Resep Kaki Naga Ayam Udang

By on July 18, 2016
Namanya begimana sih itu ya kaki naga, ayam, udang juga. Hihihi. Kenapa ya makanan ini dinamain kaki naga 😀 Mami bikin kaki naga beberapa hai sebelum lebaran. Trus mami frozen. Niatnya emang buat nyetok. Karena kan kalo lebaran gitu tukang ayam dan tukang sayur gada yang jualan. Di spm ajah kosong. Terus mami sengaja juga nyiapin buat dibawa pas lebaran. Kan mami nginep di rumah enain nya Kenzie. Biar makanan Kenzie tetep kejaga, jadi mami udah siapin deh tuh. Ada bakso dan sayur frozen juga. Namanya lebaran pasti menunya santan dan pedas, ga bisa banget buat Kenzie. Daripada tar bingung dia makan apa mendingan mami siapin aja deh. Masaknya juga tinggal goreng dan cemplungin aja karena semuanya udah diproses terebih dahulu.
Ribet ya? Iyah emang ribet. Tapi lebih ribet lagi kalo pas waktunya anak makan, eh makanannya gak cocok. Atau lagi keliling ke rumah keluarga. Jadi mending bekel kaaan. Hihihihi.
Ini mami bikin kaki naga pakai resepnya @wenicitra. Enak dan haruuum. Kapan-kapan mau bikin lagi ah buat stok. Nanti juga pas mami lahiran nyetok ini aja buat makan sehari-harinya Aa.
Resep Kaki Naga Ayam Udang ala @wenicitra
 
Bahan:
250 gr daging ayam, haluskan
100 gr udang, haluskan
2 sdm tepung terigu
2 sdm tepung sagu
1/4 siung bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, haluskan
1 btr telur ayam
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 sdt saus tiram
1/2 sdt kecap ikan
1/2 sdt minyak wijen
1 sdt kecap asin
15-20 stik eskrim

Bahan pelapis:
1 btr telur kocok lepas
Bread crumbs secukupnya

Cara membuat:
1. Campur daging ayam, udang, dan bawang putih yang semuanya sudah dihaluskan. Aduk sampai tercampur rata
2. Tambahkan semua bahan lain kecuali tepung sagu dan terigu. Aduk rata kembali.
3. Campurkan tepung terigu dan tepung sagu, aduk rata
4. Panaskan kukusan hingga air mendidih dgn api sedang, lalu siapkan pinggan tahan panas yg sudah diolesi minyak
5. Beri minyak pada tangan agar tidak lengket. Ambil 1 sdm adonan dan bentuk bulat memanjang lalu beri tusulan utk pegangan. Lakukan sampai adonan habis. Kukus 30 menit
6. Dinginkan di suhu ruangan lalu celupkan ke kocokan telur dan balur sgn breadcrumbs
7. Goreng dgn api sedang hingga berwarna keeemasan

Continue Reading

Uncategorized

Resep Muffin Coklat Lembut

By on
Lagii, si Aa minta cemilan. Demi Aa yaaa mami bikinin. Dan alhamdulillah si Aa doyan. Hihihi.
Ini muffinnya lembut loooh, ga yang keras gitu, rasanya juga nyoklat banget. 
Resep Muffin Coklat Lembut
Sumber : @tintinrayner .
 
Bahan:
50 gr tepung maizena
3 sdm coklat bubuk
100 gr gula palem (karena ga ada, mami ganti gula pasir halus)
225 ml susu cair
75 gr butter
125 gr dark cooking chocolate
75 ml minyak sayur
2 btr telur
110 gr gula pasir halus
125 gr tepung terigu
1 sdt baking powder double acting

Cara membuat:
1. Campur tepung maizena, gula palem, coklat bubuk, dan susu cair. Masak di atas api kecil. Sampai meletup dan kental licin.
2. Masukkam dcc dan butter, aduk sampai licin. Matikan api
3. Masukkan 1 butir telur dan minyak, aduk sampai rata
4. Masukkan 1 butir telur dan gula pasir halus, aduk sampai rata
5. Masukkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak. Aduk rata
6. Tuang ke dalam cup muffin. Beri taburan sesuai selera
7. Panggang selama 25-30 menit dengan suhu 180dc.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Donat Empuk

By on
Aa lagi pengen ngemil mulu. Dikit-dikit buka kulkas nyari makanan. Bikinin donat deh kesukaan Aa. Cobain resepnya mbak @iha.irawan, beneran enak loh si donatnya. Bikinnya juga gak ribet, cuma bikin berotot ajah. Hahaha. Si Aa sekali makan abis 3 donat. Ga sia-sia mami sampe pegel tangannya. Hahahah.
Resep Donat empuk 
Sumber: @icha.irawan
 
Bahan:
250 gr tepung terigu protein tinggi (me: sedang)
125 ml air hangat
3 gr fermipan
2,5 sdm gula pasir
2 sdm susu bubuk
1 kuning telur
40 gr margarin, lelehkan

Cara membuat:
1. Siapkan air hangat, masukkan 2 sdm tepung terigu, gula, dan fermipan. Aduk rata perlahan
2. Masukkan campuran air hangat ke dalam wadah tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni. Masukkan susu, margarin, kuning telur. Uleni sampai kalis elastis
3. Bulatkan adonan, tutup dgn kain diamlan 45 menit sampai mengembang 2x lipat
4. Bagi adonan masing2 40gr, bulatkan adonan. Tutup lagi adonan lalu biarkan sampai mengembang
5. Bolongi menggunakan kepala botol
6. Goreng donat dalam minyak panas dgn api kecil

Continue Reading

Uncategorized

Resep Risol Isi Sayur

By on
ampun deh ah mami mah. Kalo kepengen sesuatu ya langsung ke dapur bikin. Kmaren kepengen risol kaya yang dijual-jual gitu. Risol isi sayur yang mericanya kerasa banget. Trus bikin deh mami. Padahal badan lelah loh ini, tapi masiiih aja betah maen ke dapur. Ampuuuun.

Risol Isi Sayur

Bahan kulit :
300 ml air
150 gr terigu protein sedang
1 sdm margarin cairkan
1 butir telur
1 kuning telur
3/4 sdt garam
Cara membuat :
1. Tuang terigu dalam wadah lalu lubangi tengahnya, tuangi air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan whisk sampai terigu dan air tercampur rata dan halus
2. Masukkan telur dan kuning telur sambil diaduk rata, masukkan garam dan margarin cair aduk hingga rata dan halus
3. Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil, tuangi dengan sesendok adonan kulit lalu ratakan dengan cara memutar wajan hingga rata. Biarkan sampai matang pinggirannya mulai kering. Angkat. Lakukan sampai adonan kulit habis.

Bahan tumis sayuran:
3 bh wortel, potong dadu kecil
2 bh kentang, potong dadu kecil
2 btg daun bawang, iris tipis
1/2 bh bawang bombay, potong dadu kecil
3 siung bawang putih, cincang
Garam, gula, merica secukupnya
50 ml air
Minyak secukupnya

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan wortel dan kentang
2. Tambahkan air, garam, gula, merica. Masak sampai air meresap
3. Terakhir masukkan daun bawang, aduk sebentar. Angkat, sisihkan.

Bahan pelapis:
1 btr telur, kocok lepas
Tepung roti

Penyelesaian:
1. Ambil 1 lembar kulit lalu isi dengan 1 sdm tumisan sayur
2. Lipat kulit risol
3. Lumuri dengan kocokan telur dan balur dengan tepung roti
4. Goreng sampai berwarna kecoklatan. Angkat, sajikan.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Sambal Goreng Daging

By on

Liat foto sambal goreng daging langsung ngiler mami. Hehehe. Cus lah bikin jugak.

Resep Sambal Goreng Daging
Sumber: @lisaassegaf

Bahan:
250 gr daging sapi, potong dadu
1 btg serai, geprek
1 ruas lemgkuas, geprek
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
1 sdm kecap
Air asam jawa secukupnya
Air secukupnya

Bumbu halu:
150 gr cabai merah
5 siung bawang putih
6 btr bawang merah
1 sdt gula
1/2 sdt garam
1 sdm gula merah sisir

Bahan pelengkap:
2 bh cabai merah, rajamg lalu goreng. Sisihkan
Bawang goreng

Cara membuat:
1. Rebus daging dgn garam dan 1 lbr daun salam hingga lunak
2. Tumis bumbu halus dan masukkan bahan lainnya. Setelah daging lunak, masukkan daging ke dalam tumisan bumbu
3. Tambahkan air secukupnya. Masak sampai bumbu meresap
4. Jika daging sudah matang campurkan cabai merah goreng dan aduk sebentar
5. Sajikan dipiring bersama bawang goreng

Continue Reading