Uncategorized

Resep Soto Kuning Daging

By on July 15, 2016
Sebenernya sih kepengennya makan soto kuning yang isinya babat atau kikil. Tapi karena males banget bersihin babat dan kudu beli kikil ke spm, jadinya pake daging aja yang ada di warung Hehehe. Hamil ini seneng banget makan soto kuning. Pakein jeruk limo sama sambel terus kecapin dikit. Mantaaap!
Soto Kuning Khas Bogor
Sumber: www.diahdidi.com

bahan :
250 gram daging bagian tetelan, potong-potong
250 gram jerohan campur, babat, iso, ati ( rebus dulu hingga setengah empuk ), potong-potong
-saya 500gr daging
1500 ml santan kental
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun jeruk, buang tulang
2 cm jahe, memarkan
1 sendok teh air asam Jawa
2 sendok teh garam ( secukupnya )
1 blok bumbu kaldu rasa sapi
1 sendok makan gula pasir

Bumbu halus :
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1 sendok teh ketumbar sangrai
3 cm kunyit, bakar
1/4 sendok teh merica butiran

Pelengkap :
2 batang daun bawang, potong-potong
2 batang sledri, potong-potong halus
Emping melinjo secukupnya
Sambal rawit, kecap, secukupnya
Bawang goreng secukupnya

Cara membuat :

  1. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
  2. Masukkan daging dan jerohan
  3. Masukkan santan dan semua bumbu lain
  4. Masak hingga bumbu meresap dan daging empuk
  5. Masukkan daun bawang dan sledri
  6. Sajikan dengan nasi putih, dan pelengkap sesuai selera

Continue Reading

Uncategorized

Resep Udang Saus Tomat

By on
Si Aa minta dimasakin udang tapi mami bosen kalo cuma di tumis saus tiram gitu. Trus main deh ke IG nya @dabeldi_kitchen, dia share resep udang. Mami bikin juga ah, tapi bumbunya pake saus tomat aja soalnya kan buat Aa.
Udang saus tomat
Bahan:
500 gr udang, buang kepala dan kupas kulit
1/2 bh bawang bombay, iris
2 siung bawang putih, cincang
1 ruas jahe, geprek
2 btg daun bawang, potong2
6-8 sdm saus tomat
1 sdm saus tiram
Garam gula merica secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan jahe.
2. Masukkan udang, masak sampai udang berubah warna
3. Tambahkan saus tomat, saus tiram, garam, gula, merica, dan air
4. Masukkan daun bawang. Masak sampai udang matang dan kuah agak mengental

Continue Reading

Uncategorized

Resep Oat Tofu Bokchoy

By on

Beberapa minggu yang lalu mami ikutan kuis recook nya Quaker Oat. Disuruh recook menu Quaker Oat Tofu Bokchoy. Ternyata oat bisa juga dicampur sama sayur dan tofu yaaa. Dulu pernah sih pas Kenzie MPASI mami campur oat pake sayur dan lauk kaya ayam atau telur. Mami pikir itu aneh, tapi ternyata bisa dimasak dengan sayur dan lauk.

Sampe sekarang belum ada pengumumannya nih. Hiks. Semoga mami menang yaaa..

Ini bisa juga buat menu mpasi, tinggal disesuaikan saja garamnya, potongan tofu dan sayur disesuaikan juga dengan tekstur makan si anak.

Quaker Tofu Bokchoy Asian Style (1 porsi)
Bahan:
5 sdm quaker oat quick cooling oatmeal
200 ml air kaldu
1 siung bawang putih, cincang
2 sdm daging sapi cincang
30 gr tofu, potong dadu
4 btg bokchoy, potong-potong
1 bh wortel ukuran kecil, potong-potong. Kukus atau rebus terlebih dahulu
1 btg daun bawang, iris tipis
Garam dan merica secukupnya
1/4 sdt minyak wijen
1 sdt utk menumis

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan daging giling, masak sampai daging matang
2. Tambahkan air kaldu, masukkan quaker oat quick cooking oatmeal
3. Tambahkan tofu, garam, merica, dan minyak wijen. Aduk-aduk
4. Masukkan daun bawang, daun bokchoy, dan wortel
5. Masak hingga tekstur mengental dan sayur matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep Buko Pandan

By on
Akhirnyaaaa mami bikin juga si buko pandan ini. Awalnya @wenicitra yang bikin si buko. Dibawa ke ultahnya Atiqah, pada nyobain lah para macan. Karena mami ga dateng ke ultah atiqah jadinya ga icip deh. Di grup rame pada ngomongin si buko ini enak. Trus di IG juga udah berseliweran foto-foto si buko. Penasaran kan mami, akhirnya bikin juga deh. Dan nyesel banget baru nyoba sekarang. Ternyata buko pandan ini emang enak banget. Papi ajah doyan! Simpel pula bikinnya, tinggal campur-campur aja. Hehehe.
Resep Buko Pandan

Bahan:
1 kaleng susu evaporated
2 bks susu kental manis
10 lbr daun pandan blender dgn sedikit air matang. Saring, ambil sarinya
2 cup sagu mutiara, rebus sampai matang
2 cup nata de coco
Daging kelapa muda dr 1 bh kelapa
1 bks nutrijel plain, masak dgn air kelapa muda + tambah air sesuai takaran
Keju parut

Cara membuat:
1. Masak nutrijel, biarkan mengeras. Potong dadu
2. Campurkan semua bahan, aduk rata.
3. Dinginkan dalam kulkas
4. Saat disajikan beri topping keju parut

 Coba bikin deh, asli ini enak banget. Rasanya creamy dan aroma pandannya itu looh. Tuh kan jadi pengen bikin lagi.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tumis Paria Saus Tiram

By on
Bosen sama tumis paria yang pake teri gitu. Akhirnya mami tumis aja pake saus tiram. Heheheh
Resep Tumis Paria Saus Tiram

Bahan:
2 bh paria, bersihkan, potong2 lalu remas dgn garam sampai layu
2 sdm saus tiram
Garam gula secukupnya
Air secukupnya
Minyak secukupnya

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
3 bh cabai merah besar
5 bh cabai rawit merah

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai matang
2. Masukkan paria
3. Tambahkan garam gula, saus tiram, dan air, koreksi rasa
4. Masak sampai kuah menyusut

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tumis Kacang Panjang Ebi

By on

Ternyata, kacang panjang ditumis kaya gini enak banget deh. *norak*

Resep Tumis Kacang Panjang Ebi
Bahan:
200 gr kacang panjang
2 sdm ebi, cincang kasar
3 bh cabai rawit merah
2 siung bawang putih, cincang
Garam dan gula secukupnya
Air secukupnya
Minyak goreng

Cara Membuat:
1. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan cabai dan ebi
2. Masukkan kacang panjang
3. Tambahkan air, garam, dan gula
4. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep Sayur Buncis Daging

By on
Assalamualaikum..
Maaf lahir batin ya semuanyaaa. Gimana lebaran nya? Seru pastinya kan kumpul sama keluarga. Mami mau posting beberapa resep nih hari ini. Resep yang pertama adalah resep sayur buncis daging. Jadi tiap lebaran menu ini menu wajib di rumah ibu. Suka banget deh sama sayur ini. Nah ini mami bikinnya pas puasa kemaren. Puasa hari ke berapa gitu mami bikin, jadi udah berasa lebarannya. Hahaha.
Resep Sayur Buncis Daging

Bahan:
250 gr buncis, iris serong tipis
100 gr daging sapi/tetelan, potong2. Rebus sampai empuk, sisihkan
2 lbr daun salam
1 btg serai, geprek
2 ruas lengkuas, geprek
1,5 L air
1 bks santan kara
Garam gula merica secukupnya
Minyak utk menumis

Bumbu halus:
7 bh cabai merah besar
5 btr bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdm ebi sangrai
3 btr kemiri
1 ruas jahe

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus dan daun salam lengkuas serai sampai harum dan mengeluatkan minyak
2. Masukkan buncis dan daging, aduk-aduk sebentar
3. Tambahkan air. Masukkan garam gula merica
4. Setelah mendidih masukkan santan
5. Masak sampai sayur matang.

Lebih sedep kalo pake pete sebenernya..

Continue Reading

Uncategorized

Resep Bakso Ayam Teriyaki

By on
Di Facebook itu orang-orangnya lagi seneng banget share resep-resep. Salah satunya dari akun Tastemade. Penasaran banget mami sama menu ini, akhirnya mami bikin deh. 
Bakso ayam teriyaki
Sumber: @tastemadeindonesia dengan modifikasi

Bahan bakso:
500 gr daging ayam cincang
2 sdm tepung maizena
1 btr telur
2 btg daun bawang, iris
2 siung bawang putih, cincang
1 ruas jahe, cincang
1 sdm kecap asin
Garam dan lada secukupnya

Bahan saus teriyaki:
150 ml air
4 sdm kecap asin
4 sdm madu
1 sdm bawang putih cincang
1 ruas jahe cincang
4 sdm tepung maizena larutkan dgn sedikit air

Cara membuat:
1. Bakso ayam: campur semua bahan. Buat bulatan bakso. Panggang selama 15 menit suhu 200 dercel
2. Saus: campur semua bahan. Masak sampai saus mengental
3. Penyelesaian: masukkan bakso ke dalam saus teriyaki. Masak sampai kuah meresap. Taburi dengan daun bawang dan wijen.

Continue Reading