Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Buah Jatuh Tidak Jauh Dari Pohonnya

August 22, 2014
“Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”. Peribahasa yang sering digunakan untuk menunjukkan perilaku anak  yang tak jauh berbeda dari perilaku  orang tuanya. Peribahasa yang sesuai dengan gambar di atas.

Saya setuju banget sama kalimat yang ada di gambar. Saya sekarang sudah menjadi orang tua. Dan saya merasa Kenzie berperilaku seperti saya dan papi.  Saat ini adalah masa meniru Kenzie. Masa Kenzie belajar. Belajar dari apa yang dia lihat dan dia dapat. Kenzie belajar dari siapa? Dari mami papi nya. Terutama maminya karena mami yang selalu 24 jam sama Kenzie. Gak cuma perilaku yang baik, perilaku yang buruk pun ditiru sama Kenzie.

Perilaku baik misalnya saya selalu mengajarkan bilang terima kasih setiap dikasih sesuatu. Dan Kenzie pun selalu bilang terima kasih setiap diberi sesuatu oleh orang. Selalu diajarkan cium tangan ke orang tua, dan dia pun melakukkannya. 

Nah, yang perilaku jeleknya nih yang nyontoh maminya juga. Aduuh maaf ya Ken πŸ™ Saya orangnya gampang ngambek. Trus kalo Kenzie gigit saya atau gak nurut, saya suka bilang gini: “ah mami ngambek ah. Aa mah gitu”. Eeeeeh dia sekarang kalo lagi kesel suka bilang: “Aa abek (ngambek) ah” sambil ngelipet tangannya di dada. Duuuuh… Dicontoh sama Kenzie >.< Kenzie juga agak gak sabaran kaya maminya. Duuuuuh dicontoh lagiii… (_ ___!)
Kenzie sekarang lagi seneeeeng banget cubit. Kalo gemes tuh nyubit dia. Si papi bilang “aa gak boleh gitu nanti papi sintrek” sambil tangannya kaya mau nyintrek. Diikutin juga sama Kenzie. “Papi itek nih!” dengan gaya tangannya mau nyintrek. Tapi saya selalu bilang “Gak boleh gitu nak. Tidak sopan. Anak baik tidak boleh sintrek, tidak boleh pukul, tidak cubit, tidak gigit”. Jadi kadang Kenzie suka bilang “Aa baik, ndak ubit, ndak putul, ndak gigit”.
Semakin besar dia akan semakin belajar bagaimana berperilaku. Mencontoh dari apa yang mami dan papinya lakuin. Yang baik dan yang buruk akan dicontoh. Tapi semoga Kenzie hanya mencontoh perilaku yang baik dari mami papinya.
Saya selalu berpesan sama papi, “Pih, kita harus jadi orang tua yang baik buat Kenzie. Kita harus selalu ngasih contoh yang baik. Kita sebagai orang tua harus bisa jaga sikap kita pih. Hati-hati dalam melakukan sesuatu. Jangan sampai anak kita mencontoh sesuatu yang buruk dari kita. Jangan sampai anak kita malu sama perilaku kita”.
Saya masih belajar menjadi mami yang baik untuk Kenzie. Mami yang sabar dan lembut dalam memperlakukan anak. Suka nyesel kalo udah berperilaku yang kurang baik ke Kenzie kaya ngebentak karena kesel Kenzie nangis terus atau susah diaturnya. Takut dia suka bentak-bentak juga. Nah pas ngerasa kaya gitu saya langsung mikir saya harus ekstra sabar menghadapi Kenzie. Jangan sampe dia jadi anak yang pemarah. Harus dengan kata-kata yang lembut ngasih taunya. 
Oh iya, saya juga bilang ke papi kalau kita harus menunjukkan rasa kasih sayang kita. Gak perlu malu untuk cium, peluk, dan mengungkapkan rasa kasih sayang. Jangan cuma waktu kecil aja anak dipelukin atau diciuminnya, tapi sampai dia besar. Jangan cuma ngerasa sayang aja tapi ga ditunjukin rasa kasih sayangnya. Pelukan dan ciuman itu bisa bikin bahagia! Ngebayangin anak-anak yang sudah besar tanpa ragu peluk dan cium mami papinya :’)
Dan juga jangan ragu untuk memuji dan memberi penghargaan ke anak. Saat anak berhasil melakukan sesuatu kita harus puji. “Wuuiih aa Kenzie pinter. Anak mami hebaaaat”, itu yang selalu saya bilang kalau Kenzie berhasil membuat sesuatu. Apalagi nanti saat dia sekolah, kalau dapat nilai bagus ya harus dipuji, jangan diem aja. Kalau nilai jelek aja ngomel-ngomel. Biasanya kan gitu ya πŸ˜€
Buat saya, saya dan papi harus berperilaku yang baik terlebih dahulu agar Kenzie mempunyai perilaku yang baik. Saya dan papi harus bisa mengajarkan dan memberi contoh perilaku yang baik. Saya dan papi sama-sama belajar untuk menjadi orang tua yang baik bagi Kenzie dan adik-adiknya nanti  :”)

Ambil yang baik dan buang yang jelek dari mami dan papi ya, Ken…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *