Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 20: Udang Saos Padang + Tumis Labu Siam

July 21, 2014
Huaaaa… super duper latepost banget ini sih. Hihihi. Dua hari kemarin gak sempet mau posting. Soalnya dua hari itu banyak kerjaan plus ada urusan ke luar rumah. Jadi baru hari ini nih sempet buka laptop.
Menu buka puasa hari ke 20: udang saos padang dan tumis labu siam.

Ceritanya pas hari Jumat si onty Lani mau nginep kesini, pengen dibikinin makanan yang enak. Dia ngasih ide bikin udang saos padang. Eeeh dia gak jadi nginepnya, tapi bikin udang saos padangnya tetep jadi dooong. Dulu kita berdua sering banget bikin ayam saos padang, soalnya kita berdua doyan banget sama yang namanya pedes. Biasanya saya bikin bumbunya tuh bawang merah, bawang putih, dan cabe merah atau cabai rawitnya dihalusin. Tapi saya lagi kepengen makan udang saos padang yang bumbunya kaya diabang pecel ayam. Pake saos gitu. Gugling deh jadinya. Naaah sampe deh ke blog www.momylicious.com . Langsung suka sama blog ini. Foto-fotonya keren! Tampilannya keren! Resepnya juga banyak! Ngiler abis sama tampilan udang saos padangnya. Ternyata niiih pas banget sama yang saya mau bumbunya, pake saos. Jadi yang dihalusin cuma si cabe ajah, bwang merah dan bawang putih dicincang. Tapi bawang merahnya saya ganti pake bawang bombay. Udah ah kepanjangan ceritanya 😀 Yuk liat resepnya.

Resep Udang Saos Padang 
Saya modif sedikit resepnya 😀
Bahan:
  1. 500 gr udang
  2. 1/2 bh bawang bombay, potong dadu
  3. 3 siung bawang putih, cincang halus
  4. 1 cm jahe
  5. 1 sdm saus tomat
  6. 3 sdm saus sambal
  7. 3 bh cabai merah besar, haluskan
  8. 3 bh cabai rawit merah, iris serong
  9. 1 sdt garam
  10. gula secukupnya
  11. 1 btg daun bawang, iris tipis, untuk taburan
  12. 75 ml air
  13. minyak secukupnya

Cara Membuat:
  1. Bersihkan udang, kerat punggungnya.
  2. Panaskan minyak, goreng udang hingga matang, sisihkan
  3. Panaskan sedikit minyak goreng, bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  4. Tambahkan jahe, cabai giling, saus sambal, saus tomat, dan cabai rawit merah
  5. Masukkan garam, gula, dan air
  6. Masak hingga kuah agak mengental, masukkan udang, aduk-aduk
  7. Angkat, taburi dengan daun bawang

Dan ini resep tumis labu siam nya:
Bahan:
  1. 1 bh labu siam, potong korek, remas dengan garam sampai layu
  2. 3 siung bawang putih, geprek
  3. 1 bh cabai merah, iris serong
  4. 2 lbr daun salam
  5. 2 cm lengkuas, geprek
  6. garam dan gula scukupnya
  7. air secukupnya
  8. minyak untuk menumis

Cara Membuat:
  1. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan cabai merah, daun salam, dan lengkuas
  2. Masuukkan labu siam
  3. Tambahkan garam, gula, dan air
  4. Masak sampai air meresap dan matang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *