Uncategorized

Resep Keluarga: Aneka Baso Kuah Asam Pedas

By on July 15, 2013
Ini dia satu lagi resep yang saya dapat dari www.sajiansedap.com Saya selalu ngiler kalau lihat resep yang berbau kuah asam pedas. Rasanya super enaaaaak banget. Asem, pedas, gurih pas banget di lidah.  Wangi daun jeruknya sedeeeep bgt. Senengnya kalau baru pertama kali bikin langsung berhasil hehehe.
Bahan:

  1. 5 buah bakso sapi 
  2. 5 buah bakso ikan 
  3. 5 buah bakso udang 
  4. 200 gram udang, kupas, sisakan ekor, kerat punggungnya
  5. 2 batang serai, memarkan
  6. 4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  7. 8 buah cabai rawit merah memarkan
  8. 1 1/2 sendok makan kecap ikan
  9. 2 sendok teh garam 
  10. 1/2 sendok teh gula pasir 
  11. 2 tangkai daun ketumbar, cincang kasar
  12. 3 sendok makan air jeruk nipis 
  13. 1.500 ml kaldu udang (dari rebusan kepala udang)

Bumbu Halus :
  1. 4 buah cabai merah keriting 
  2. 3 siung bawang putih 
  3. 1 sendok teh terasi, goreng
  4. 3 butir kemiri, sangrai

Cara membuat:
  1. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, dan cabai rawit sampai harum. Masukkan kaldu udang. Masak sampai mendidih.
  2. Tambahkan udang dan bakso. Masak sampai berubah warna. Masukkan kecap ikan, garam, dan gula pasir. Aduk rata. Masak diatas api kecil sampai matang.
  3. Menjelang diangkat, tambahkan daun ketumbar dan air jeruk nipis. Aduk rata. Angkat dan sajikan.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Makaroni Siram Brokoli (10m+)

By on
Tadi pagi bingung mau bikin sarapan apa buat Kenzie. Ya udah deh memanfaatkan bahan makanan aja yang ada di kulkas, hehehe. Jadilah si makaroni siram brokoli. Hmm bingung ngasih namanya apa. Hahaha
Bahan:
  1. 3 sdm makaroni, rebus sampai empuk. Potong-potong jika baby belum bisa makan 1 buah makaroni utuh
  2. 1 sdm bawang bombay cincang
  3. 1 sdm daging cincang
  4. 2 sdm brokoli
  5. 1 sdm tepung terigu
  6. 80 ml air
  7. Garam dan merica secukupnya (<1y skip)
  8. Keju parut untuk taburan
  9. 1 sdm minyak utk menumis
Cara Membuat:
  1. Rebus makaroni. Sisihkan
  2. Tumis bawang bombay sampai harus, masukkan daging giling, masak sampai daging matang.
  3. Tuang tepung terigu, aduk cepat. Tambahkan air
  4. Masukkan brokoli, garam, dan merica. Masak sampai brokoli matang
  5. Masukkan makaroni, aduk sebentar. Angkat
  6. Taburi keju di atasnya

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Martabak Nasi (1y+) ala Bunda Tama

By on
Saya lagi seneng nih main di blog Bundanya Tama @MeyiMeyi : http://melinapurwanti.blogspot.com/ Disana banyak banget resep yang bisa jadi inspirasi untuk masakin Kenzie. Resep pertama yang saya coba martabak nasi. Ini sih bisa jadi cemilan atau makanan utama. Soalnya isinya lengkap banget. Ada nasi, sayur, daging, dan telur. Rasanya? Juara deh! Kenzie aja suka.
Bahan:

  1. 1 centong nasi putih
  2. 50 gram daging giling
  3. 1 butir telur
  4. 4 buah kilit lumpia
  5. 1 buah wortel
  6. 1 buah daun bawang
  7. 1 siung bawang putih
  8. 1/4 bawang bombay
  9. Garam secukupnya
  10. Lada secukupnya

Cara Membuat:
  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan daging sapi, masak hingga daging berubah warna, masukkan parutan wortel, tuang sedikit air, masak hingga wortel empuk, tambahkan sedikit garam dan lada,angkat,sisihkan
  2. Kocok lepas telur, masukkan potongan daun bawang, nasi putih, dan tumisan daging
  3. Tambahkan garam dan lada secukupnya, aduk rata
  4. Siapkan kulit lumpia, masukkan adonan martabak tersebut ke dalam kulit lumpia,lipat lalu goreng
  5. Siap disajikan 

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Nasi Gurih Ayam (1y+)

By on
Bingung mau bikin apa buat maksi dan maksornya Kenzie. Eh nemu resep ini di www.sajiansedap.com . Enak loh rasanya. Kenzie yg lagi GTM langsung makan lahap. 
Resepnya udah aku modif ya mama. Untuk liat resep asli silahkan klik disini

Bahan:
  1. 250 gr filet dada ayam, potong kotak-kotak
  2. 500 ml air 
  3. 1/2 sendok teh ketumbar (aku gak pake)
  4. 1/4 sendok teh merica bubuk 
  5. 1 sendok makan garam 
  6. 3 genggam beras
  7. 2 cm jahe, dimemarkan
  8. 1 buah wortel, dipotong kotak kecil
  9. 100 gram jagung pipil 
  10. 50 gram buncis, dipotong 1 cm

Bumbu Halus:
  1. 3 butir bawang merah 
  2. 2 siung bawang putih 

Cara membuat:
  1. Rebus ayam dalam air bersama bumbu halus, ketumbar, merica bubuk, dan garam di atas api kecil sampai mendidih. Saring dan angkat ayam.
  2. Rebus lagi kaldu ayam sampai mendidih bersama beras , jahe, dan garam.
  3. Masukkan ayam. Aduk sampai terserap. Angkat.
  4. Masukkan wortel, jagung pipil, dan buncis. Aduk sampai menyebar.
  5. Masukkan ke dalam wadah tahan panas
  6. Kukus di atas api sedang 30 menit sampai matang.
Resep ini bisa juga kok untuk dibawah 1 tahun. Garam dan merica di skip aja. Nasi bisa dibikin setengah bubur dan sayuran dipotong sesuai kemampuan makan bayi 😉
Selamat mencoba!

Continue Reading