Uncategorized

Cemilan: Agar-Agar

By on January 6, 2013
Beberapa waktu yang lalu janji mau share resep agar-agar labu parang. Yuks diliat resepnya. 
~ Agar-Agar Labu Parang ~


Bahan:
  1. 1/2 sdt agar-agar plain
  2. 200ml air
  3. 100 gr labu parang, kukus
Cara membuat:
  1. Blender labu parang yang sudah dikukus dengan menambahkan sedikit air
  2. Masak 1/2 sdt agar-agar dengan 200ml air di atas api kecil sampai mendidih
  3. Setelah matang diamkan sebentar lalu campur dengan labu parang
  4. Taruh di cetakan, masukkan ke dalam kulkas
Rasanya manis. Padahal gak pake gula. Kenzie juga suka sama agar-agarnya. Lahap makannya.
Saya bikin agar-agar lagi dengan resep yang sama, hanya saja labu parangnya saya ganti dengan buah melon.
~ Agar-Agar Melon ~

Kenzie juga suka sama agar-agar melonnya.. 🙂

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Tim Hati Ayam Tahu Telur (10m)

By on
Masih dalam rangka GTM nya, saya coba bikin makanan yang mengenyangkan tapi ga pake bahan nasi. Dapet resep Tim Hati Ayam Tahu Telur dari milis MPASI Rumahan.

Bahan:

  1. 1 keping hati ayam, cuci bersih kemudian potong kecil-kecil
  2. 1/2 potong tahu sutra, haluskan (saya pakai tahu biasa)
  3. 1 sdm wortel parut
  4. 1 sdm apel parut (saya gak pake)
  5. 1 btr telur, kocok rata (cuma pake kuningnya)
  6. 1 siung bawang putih, cincang
  7. 1 siung bawang merah, cincang
  8. 50 gr keju parut
  9. sejumput merica (gak pake)
Cara Membuat:
  1. Tumis bawang putih dan bawang merah
  2. Campur tumisan bawang dengan tahu, wortel, apel, hati ayam, dan telur. 
  3. Tambahkan keju parut dan merica, aduk rata
  4. Kukus sampai matang
Kenzie mau makan ini walaupun gak terlalu lahap.

Continue Reading

Uncategorized

Kenzie Menjalankan Aksi GTM nya

By on
GTM, Gerakan Tutup Mulut. Pfft udah hampir 1 minggu lebih Kenzie GTM. Tapi GTM nya cuma sama bubur nasi aja. Tiap dibikinin bubur tim, mulutnya rapet pet pet pet. Susaaah banget ngebujukin dia makan. Di rayu-rayu, naik sepeda, sambil nonton tv, disuapin sama yang lain, teteeeep susah. “Kenzieee,aaaa, ayok nih mamam. Ayok buka mulutnya yang lebar” Tuh mulut langsung rapet banget. Muka melengos ke kiri ke kanan menghindari sendok. Pas bilang “nih enum (minum) dulu” langsung minum dia. Glek glek glek. Kalo nggak nih, makanannya udah di dalem mulut, eeeh dia sembur-sembur sambil ketawa. Duh! 
Kadang saya suka kesel juga sih pas Kenzie nolak makan kaya gitu. Ya gimana ngga, udah dimasakin dia ga mau makan. Mana dia harus ngejar berat badannya yang masih kurang di umurnya yang 10 bulan. Mau ngejar berat badan eh dia malah GTM. Huks!
Mungkin Kenzie bosen kali ya makan bubur tim yang dicampur-campur gitu. Ya mungkin aja sih, dari umur 7 bulan lebih makannya begituan terus >.<
Kalau makan cemilan, oat pake sayur atau buah, dia mau. Nah berarti beneran bosen nih sama bubur nasi. Beberapa makanan yang dicoba selain bubur nasi sih dia mau. Jadi saya harus puter otak nyari-nyari resep untuk anak yang lagi GTM. Milis MPASI Rumahan lah tempatnya. Yup, disinilah sumber ide saya untuk memasak MPASI Kenzie. Nemu deh  beberapa menu untuk anak yang lagi GTM. Beberapa di antaranya berhasil. Yeaaay!!
Untuk mengatasi GTM nya, saya harus cari tahu makanan apa aja yang Kenzie suka. Selain itu kalau dia ga mau makan banyak, saya kasih cemilan padat kalori. Saya kasihnya sering tapi porsinya sedikit-sedikit. Jadi Kenzie tetep makan.
Saya juga tetap bikinin bubur nasi. Misalnya 2 hari saya bikin makanan tanpa bahan nasi, di hari ketiga baru saya bikin bubur nasi. Saya gak mau nanti Kenzie bener-bener gak suka sama makan nasi. Ngeri juga kalo dia sampe gede gak mau makan nasi. Semoga ngga, amin!
Sekarang saya masih berjuang mencari ide-ide menu untuk Kenzie dan harus sabar ngadepin Kenzie kalo dia nutup mulutnya rapet-rapet. *kencangkan ikat kepala* Harus semangat. Gak boleh males bikin makanan untuk Kenzie. Semangaaaat!
Kenzie harus makan yang banyak yaa. Biar sehat dan berat badannya cepet naik. Mami masakin makanan yang Kenzie suka :*

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Siomay Oat

By on
Kenzie lagi GTM. Gak mau makan bubur nasi. Nyari-nyari resep di milis MPASI Rumahan, nemulah menu ini. Dan oalaaaaa Kenzie lahaaap bener makan siomay oat. Bener-bener mengatasai anak yang lagi GTM 😀
Bahan:
  1. 1 sdm oatmeal
  2. 1 btr telur (saya pakai kuningnya saja)
  3. 40 ml susu cair ( <1y ganti air kaldu)
  4. 1/2 sdm tepung terigu
  5. 2 sdm keju parut
  6. 50 gr daging ikan lele (karena ga ada ikan saya pakai daging ayam cincang)
  7. 1 sdm wortel parut
Cara Membuat:
  1. Campurkan oatmel, susu cair (air kaldu), tepung terigu dan daging ikan (ayam)
  2. Masukkan telur, keju parut, dan wartel. Aduk rata.
  3. Masukkan ke dalam cetakan dan kukus selama kurleb 10 menit.

Continue Reading

Uncategorized

Review MPASI 9 Bulan Kenzie

By on
Kebiasaan nih selalu telat bikin review MPASInya Kenzie >.< Abisnya kalau siang gak sempet buka leptop, pas malem udah keburu ngantuk. Jadinya ya gini deh telat cerita tentang MPASI 9 bulannya Kenzie. Padahal Kenzie sekarang udah 10bulan 18hari, hehehe.
Makanan Kenzie udah mulai banyak jenisnya, gak cuma makan bubur nasi aja, tapi saya mulai mengenalkan agar-agar, santan, makaroni, hati ayam, kuning telur, kacang merah, dan ikan salmon. Cuma satu yang nunjukin gejala alergi, yaitu kacang merah. Ikan salmon malah ga nunjukin reaksi alergi.
Jenis makanan MPASI 9 bulan:
Warna hijau makanan favorit Kenzie
Warna kuning makanan pencetus alergi
Kenzie punya makanan kesukaan baru, pisang, oatmeal dan semua makanan yang dicampur keju. 
Menu yang Kenzie makan di usia 9 bulan:

Jadwal makan Kenzie:
Saya juga sudah memberikan cemilan 2x sehari untuk Kenzie. Cemilannya kadang saya bikin sendiri seperti  smoothy puding dan perkedel ayam-sayur sembunyi. Atau yang gampang cemilannya buah. Kadang Kenzie ngemil biskuit bayi. Kenzie juga suka makan bubur instan. Bubur ini saya kasih kalau Kenzie lagi gak mau makan apa yang saya masak. Jadi saya bikin bubur instan yang cepet jadi. Sesekali gak apa-apa ya nak. 😉
Untuk cemilan 2 kadang saya kasih pas jam 19:00 karena Kenzie suka lama bobo siangnya, bangun-bangun pas jam makan sore.
Begitulah review MPASI 9 bulannya Kenzie. Semoga bermanfaat. Dan semoga di MPASI 10 bulannya, saya bisa lebih baik lagi memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk Kenzie. 😉

Continue Reading