Tampilkan postingan dengan label resep keluarga. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label resep keluarga. Tampilkan semua postingan

Selasa, 20 Februari 2018

Resep Bubur Mutiara

2/20/2018 0 Comments
Udah lamaaa banget kepengen bikin ini. Akhirnya baru kesampean sekarang. Hehehe

Bubur mutiara
Source: doyanbaking

Bahan:
100gr sagu mutiara
8sdm gula pasir
1/2sdt vanila
1 lbr daun pandan
Air

Bahan kuah santan:
1 bks santan lara 65ml
250 ml air
Sejumput garam
1 lbr daun pandan

Cara membuat:
1. Masak sagu mutiara dengn air dan daun pandan sampai matang. Tambahkan gula dan vanila. Masak sampai matang dan air menyusut
2. Campur santan, air, garam, dan daun pandan. Masak sampai matang dgn api kecil
3. Sajikan bubur mutiara dgn kuah santan

Resep Oseng Mercon Pete

2/20/2018 0 Comments
Liat postingan mbak duwi, ada daging, pedes, plus pake pete langsung ngileeer. Ikutan juga deh masak ini. Awas ya kalo masak ini hati-hati jadi pengen makan terus. Hehehe.
 
Resep Oseng Mercon Pete
Source: @dabeldi_kitchen
Bahan :
400 gr daging sengkel,potong2 kecil
2 papan pete, kupas kulitnya
1 sdt gula merah
1 sdm kecap manis
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
100 ml air
Garam dan gula secukupnya

Bumbu halus :
6 bh bawang merah
2 siung bawang putih
50 gr cabe merah keriting
50 gr cabe rawit

Cara membuat :
1. Panaskan minyak goreng tumis bumbu halus, daun salam dan daun jeruk sampai harum.
2. Masukkan daging dan gula merah, aduk sampai daging berubah warna, masukkan air, kecap manis, gula dan garam.
3. Masak sampai air menyusut, masukkan pete. Aduk sebentar. Matikan api.
4. Sajikan

Jumat, 12 Januari 2018

Resep Sop Iga

1/12/2018 0 Comments
Sop Iga
Bahan:
1 kg iga
4 bh wortel, potong-potong
2 btg daun bawang
Garam
Gula
Merica
6 bh cengkeh
Air yg banyak

Bumbu halus:
7 siung bawang putih

Pelengkap
Tomat potong
Seledri
Bawang goreng
Sambal
Jeruk limo

Cara membuat:
  1. Blansir daging terlebih dahulu. Lalu cuci bersih daging. Panaskan air, masukkan daging yg sudah di blansir. Masak dgn api kecil selama 1 jam
  2. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan ke dalam rebusan daging. Tambahkan garam, gula, merica, dan cengkeh. Masak lagi selama 1 jam
  3. Kukus wortel, sisihkan
  4. Setelah daging empuk, masukkan potongan daun bawang
  5. Taruh wortel dan tomat di mangkok. Beri sop iga, taburi dengan seledri dan bawang goreng.

Resep Oseng Merecon

1/12/2018 0 Comments
OSENG MERECON 
ala @tania_laksana

Bahan:
250 gr daging sapi sandung lamur, potong kecil-kecil
1 lbr daun salam
1,5 cm lengkuas, geprek
1 sdm gula merah
2 sdm kecap manis
Garam, secukupnya
Gula pasir, secukupnya
Minyak
Air

Bumbu halus
4 btr bawang merah
3 siung bawang putih
15 bh cabai rawit merah
10 bh cabai merah keriting
1 cm jahe

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas sampai harum. Tambahkan gula merah, garam, gula pasir, dan kecap
2. Masukkan daging, aduk rata. Tambahkan air
3. Masak sampai daging empuk

Resep Kerang Ijo Kuah Kuning

1/12/2018 0 Comments
Kerang Ijo Kuah Kuning

Bahan:
2 kg kerang ijo, cuci bersih, sikat cangkangnya
4 lbr daun salam
4 batang serai
1 bh jahe, geprek
1 bh lengkuas, geprek
Garam gula
Air secukupnya
Minyak goreng

Bumbu halus:
6 btr bawang merah
6 siung bawang putih
Kunyit
Jahe

Cara membuat:
  1. Rebus kerang bersama rempah, buang buih-buihnya. Angkat, biarkan dingin. Lepas kerang dari cangkang. Buang kotoran kerang. Sisihkan
  2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun salam, serai, dan lengkuas
  3. Tambahkan air. Masukkan kerang, garam, dan gula
  4. Masak sampai bumbu meresap

Selasa, 03 Januari 2017

Resep Lasagna Kentang

1/03/2017 0 Comments

Punya keju quickmelt, punya saus spaghetti nya delmonte, trus liat video kentang lasagna nya @tastemadeindonesia . Jadi latah deh bikin ini hehehe.



Kalo mami lebih suka kalo kentangnya dihausin dibandingin iris tipis gini. soalnya jadi krenyes2. lebih suka kalo kentangnya lembut. Atau mungkin mami kurang tipis juga iris kentangnya jadi masih krenyes2.


Lasagna Kentang

Bahan:
  1. 2 kentang kecil, iris tipis
  2. 300 gr saus daging (me: saus spaghetti del monte)
  3. 210 gr keju parut
  4. 1 ikat bayam (me: gak pake)
Cara membuat:
  1. Susun irisan kentang di wadah tahan panas
  2. Tuang 100 gr saus daging diatas kentang diikuti dengan bayam dan 70gr keju
  3. Ulangi dan buatlah 2 lapisan lagi dgn cara yg sama
  4. Panggang selama 20 menit suhu 200dc

Resep Kolak Pisang

1/03/2017 0 Comments
Ini adalah pertama kalinya mami bikin kolak pisang. Karena mami ga terlalu suka sama kolak pisang jadi ga pernah bikin. Mami pikir bikinnya susah, eh ternyata gampang. Karena papi minta jadi mami bikin.


Kolak Pisang (resep @opi_bun)

Bahan:
  1. 2 bh posang tanduk, potong-potong
  2. 750 ml air
  3. 1 lbr daun pandan
  4. 3 sdm gula pasir
  5. 100 gr gula merah
  6. 1/2 sdt garam
  7. 1 bks santan kara 65 ml
Cara membuat:
  1. Didihkan air. Masukkan daun pandan, gula pasir, gula merah, dan garam. Aduk rata
  2. Masukkan potongan posang, masak sampai mendidih
  3. Kecilkan api. Masukkan santan, aduk perlahan. Masak sampai mendidih. Koreksi rasa
  4. Angkat dan sajikan

Resep Kare Ayam

1/03/2017 0 Comments
Sudah lama sekali mami ga posting resep masakan di blog yaa. Hehehe. Tapi mami tetep posting kok di IG. Sekarang lagi jarang posting di blog. Mami sering bgt ga ada waktu buat ngeblog. Huhuhu. Padahal kangen banget nulis. Udah ah, yuk diliat resepnya. Siapa tau ada yang butuh inspirasi masak ayam untuk hari ini. Bosen kaaan kalo cuma dibikin ayam goreng doang. Hehehe.


Kare ayam
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/1213196-kare-ayam-tahu-resep-ala-ibu
(Dgn sedikit modifikasi)

Bahan:
  1. 500 gr ayam, potong sesuai selera
  2. 1/2 btr kelapa parut ambil santannya (me: 1 bks kara 65ml)
  3. 2 lbr daun jeruk
  4. 2 lbr daun salam
  5. 2 btg serai, geprek
  6. Garam gula merica
  7. Air
  8. Minyak sayur
Bumbu halus:
  1. 4 siung bawang putih
  2. 5 btr bawang merah
  3. 1 ruas jahe
  4. 1 ruas lengkuas
  5. 1/2 sdt letumbar
  6. 1 sdt jinten
  7. 1 ruas kunyit
Cara membuat:
1. Goreng ayam sampai kecoklatan, sisihkan. (Me: ayam dikukus)
2. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, dan sereh sampai harum
3. Masukkan ayam. Tambahkan air secukupnya. Tambahkan garam, gula, dan merica
4. Setelah empuk tambahkan santan, koreksi rasa, dan rebus sampai mendidih
5. Angkat dan taburi dgn bawang goreng

Senin, 18 Juli 2016

Resep Kaki Naga Ayam Udang

7/18/2016 0 Comments
Namanya begimana sih itu ya kaki naga, ayam, udang juga. Hihihi. Kenapa ya makanan ini dinamain kaki naga :D Mami bikin kaki naga beberapa hai sebelum lebaran. Trus mami frozen. Niatnya emang buat nyetok. Karena kan kalo lebaran gitu tukang ayam dan tukang sayur gada yang jualan. Di spm ajah kosong. Terus mami sengaja juga nyiapin buat dibawa pas lebaran. Kan mami nginep di rumah enain nya Kenzie. Biar makanan Kenzie tetep kejaga, jadi mami udah siapin deh tuh. Ada bakso dan sayur frozen juga. Namanya lebaran pasti menunya santan dan pedas, ga bisa banget buat Kenzie. Daripada tar bingung dia makan apa mendingan mami siapin aja deh. Masaknya juga tinggal goreng dan cemplungin aja karena semuanya udah diproses terebih dahulu.

Ribet ya? Iyah emang ribet. Tapi lebih ribet lagi kalo pas waktunya anak makan, eh makanannya gak cocok. Atau lagi keliling ke rumah keluarga. Jadi mending bekel kaaan. Hihihihi.

Ini mami bikin kaki naga pakai resepnya @wenicitra. Enak dan haruuum. Kapan-kapan mau bikin lagi ah buat stok. Nanti juga pas mami lahiran nyetok ini aja buat makan sehari-harinya Aa.


Resep Kaki Naga Ayam Udang ala @wenicitra
 

Bahan:
250 gr daging ayam, haluskan
100 gr udang, haluskan
2 sdm tepung terigu
2 sdm tepung sagu
1/4 siung bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, haluskan
1 btr telur ayam
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 sdt saus tiram
1/2 sdt kecap ikan
1/2 sdt minyak wijen
1 sdt kecap asin
15-20 stik eskrim

Bahan pelapis:
1 btr telur kocok lepas
Bread crumbs secukupnya

Cara membuat:
1. Campur daging ayam, udang, dan bawang putih yang semuanya sudah dihaluskan. Aduk sampai tercampur rata
2. Tambahkan semua bahan lain kecuali tepung sagu dan terigu. Aduk rata kembali.
3. Campurkan tepung terigu dan tepung sagu, aduk rata
4. Panaskan kukusan hingga air mendidih dgn api sedang, lalu siapkan pinggan tahan panas yg sudah diolesi minyak
5. Beri minyak pada tangan agar tidak lengket. Ambil 1 sdm adonan dan bentuk bulat memanjang lalu beri tusulan utk pegangan. Lakukan sampai adonan habis. Kukus 30 menit
6. Dinginkan di suhu ruangan lalu celupkan ke kocokan telur dan balur sgn breadcrumbs
7. Goreng dgn api sedang hingga berwarna keeemasan

Resep Muffin Coklat Lembut

7/18/2016 0 Comments
Lagii, si Aa minta cemilan. Demi Aa yaaa mami bikinin. Dan alhamdulillah si Aa doyan. Hihihi.
Ini muffinnya lembut loooh, ga yang keras gitu, rasanya juga nyoklat banget. 


Resep Muffin Coklat Lembut
Sumber : @tintinrayner .
 

Bahan:
50 gr tepung maizena
3 sdm coklat bubuk
100 gr gula palem (karena ga ada, mami ganti gula pasir halus)
225 ml susu cair
75 gr butter
125 gr dark cooking chocolate
75 ml minyak sayur
2 btr telur
110 gr gula pasir halus
125 gr tepung terigu
1 sdt baking powder double acting

Cara membuat:
1. Campur tepung maizena, gula palem, coklat bubuk, dan susu cair. Masak di atas api kecil. Sampai meletup dan kental licin.
2. Masukkam dcc dan butter, aduk sampai licin. Matikan api
3. Masukkan 1 butir telur dan minyak, aduk sampai rata
4. Masukkan 1 butir telur dan gula pasir halus, aduk sampai rata
5. Masukkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak. Aduk rata
6. Tuang ke dalam cup muffin. Beri taburan sesuai selera
7. Panggang selama 25-30 menit dengan suhu 180dc.

Resep Donat Empuk

7/18/2016 0 Comments

Aa lagi pengen ngemil mulu. Dikit-dikit buka kulkas nyari makanan. Bikinin donat deh kesukaan Aa. Cobain resepnya mbak @iha.irawan, beneran enak loh si donatnya. Bikinnya juga gak ribet, cuma bikin berotot ajah. Hahaha. Si Aa sekali makan abis 3 donat. Ga sia-sia mami sampe pegel tangannya. Hahahah.

Resep Donat empuk 
Sumber: @icha.irawan
 
Bahan:
250 gr tepung terigu protein tinggi (me: sedang)
125 ml air hangat
3 gr fermipan
2,5 sdm gula pasir
2 sdm susu bubuk
1 kuning telur
40 gr margarin, lelehkan

Cara membuat:
1. Siapkan air hangat, masukkan 2 sdm tepung terigu, gula, dan fermipan. Aduk rata perlahan
2. Masukkan campuran air hangat ke dalam wadah tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni. Masukkan susu, margarin, kuning telur. Uleni sampai kalis elastis
3. Bulatkan adonan, tutup dgn kain diamlan 45 menit sampai mengembang 2x lipat
4. Bagi adonan masing2 40gr, bulatkan adonan. Tutup lagi adonan lalu biarkan sampai mengembang
5. Bolongi menggunakan kepala botol
6. Goreng donat dalam minyak panas dgn api kecil

Resep Risol Isi Sayur

7/18/2016 0 Comments
ampun deh ah mami mah. Kalo kepengen sesuatu ya langsung ke dapur bikin. Kmaren kepengen risol kaya yang dijual-jual gitu. Risol isi sayur yang mericanya kerasa banget. Trus bikin deh mami. Padahal badan lelah loh ini, tapi masiiih aja betah maen ke dapur. Ampuuuun.


Risol Isi Sayur

Bahan kulit :
300 ml air
150 gr terigu protein sedang
1 sdm margarin cairkan
1 butir telur
1 kuning telur
3/4 sdt garam
Cara membuat :
1. Tuang terigu dalam wadah lalu lubangi tengahnya, tuangi air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan whisk sampai terigu dan air tercampur rata dan halus
2. Masukkan telur dan kuning telur sambil diaduk rata, masukkan garam dan margarin cair aduk hingga rata dan halus
3. Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil, tuangi dengan sesendok adonan kulit lalu ratakan dengan cara memutar wajan hingga rata. Biarkan sampai matang pinggirannya mulai kering. Angkat. Lakukan sampai adonan kulit habis.

Bahan tumis sayuran:
3 bh wortel, potong dadu kecil
2 bh kentang, potong dadu kecil
2 btg daun bawang, iris tipis
1/2 bh bawang bombay, potong dadu kecil
3 siung bawang putih, cincang
Garam, gula, merica secukupnya
50 ml air
Minyak secukupnya

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan wortel dan kentang
2. Tambahkan air, garam, gula, merica. Masak sampai air meresap
3. Terakhir masukkan daun bawang, aduk sebentar. Angkat, sisihkan.

Bahan pelapis:
1 btr telur, kocok lepas
Tepung roti

Penyelesaian:
1. Ambil 1 lembar kulit lalu isi dengan 1 sdm tumisan sayur
2. Lipat kulit risol
3. Lumuri dengan kocokan telur dan balur dengan tepung roti
4. Goreng sampai berwarna kecoklatan. Angkat, sajikan.

Jumat, 15 Juli 2016

Resep Soto Kuning Daging

7/15/2016 0 Comments
Sebenernya sih kepengennya makan soto kuning yang isinya babat atau kikil. Tapi karena males banget bersihin babat dan kudu beli kikil ke spm, jadinya pake daging aja yang ada di warung Hehehe. Hamil ini seneng banget makan soto kuning. Pakein jeruk limo sama sambel terus kecapin dikit. Mantaaap!



Soto Kuning Khas Bogor
Sumber: www.diahdidi.com

bahan :
250 gram daging bagian tetelan, potong-potong
250 gram jerohan campur, babat, iso, ati ( rebus dulu hingga setengah empuk ), potong-potong
-saya 500gr daging
1500 ml santan kental
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun jeruk, buang tulang
2 cm jahe, memarkan
1 sendok teh air asam Jawa
2 sendok teh garam ( secukupnya )
1 blok bumbu kaldu rasa sapi
1 sendok makan gula pasir

Bumbu halus :
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1 sendok teh ketumbar sangrai
3 cm kunyit, bakar
1/4 sendok teh merica butiran

Pelengkap :
2 batang daun bawang, potong-potong
2 batang sledri, potong-potong halus
Emping melinjo secukupnya
Sambal rawit, kecap, secukupnya
Bawang goreng secukupnya

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
  2. Masukkan daging dan jerohan
  3. Masukkan santan dan semua bumbu lain
  4. Masak hingga bumbu meresap dan daging empuk
  5. Masukkan daun bawang dan sledri
  6. Sajikan dengan nasi putih, dan pelengkap sesuai selera

Resep Udang Saus Tomat

7/15/2016 0 Comments
Si Aa minta dimasakin udang tapi mami bosen kalo cuma di tumis saus tiram gitu. Trus main deh ke IG nya @dabeldi_kitchen, dia share resep udang. Mami bikin juga ah, tapi bumbunya pake saus tomat aja soalnya kan buat Aa.


Udang saus tomat
Bahan:
500 gr udang, buang kepala dan kupas kulit
1/2 bh bawang bombay, iris
2 siung bawang putih, cincang
1 ruas jahe, geprek
2 btg daun bawang, potong2
6-8 sdm saus tomat
1 sdm saus tiram
Garam gula merica secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan jahe.
2. Masukkan udang, masak sampai udang berubah warna
3. Tambahkan saus tomat, saus tiram, garam, gula, merica, dan air
4. Masukkan daun bawang. Masak sampai udang matang dan kuah agak mengental

Resep Oat Tofu Bokchoy

7/15/2016 0 Comments
Beberapa minggu yang lalu mami ikutan kuis recook nya Quaker Oat. Disuruh recook menu Quaker Oat Tofu Bokchoy. Ternyata oat bisa juga dicampur sama sayur dan tofu yaaa. Dulu pernah sih pas Kenzie MPASI mami campur oat pake sayur dan lauk kaya ayam atau telur. Mami pikir itu aneh, tapi ternyata bisa dimasak dengan sayur dan lauk.

Sampe sekarang belum ada pengumumannya nih. Hiks. Semoga mami menang yaaa..

Ini bisa juga buat menu mpasi, tinggal disesuaikan saja garamnya, potongan tofu dan sayur disesuaikan juga dengan tekstur makan si anak.



Quaker Tofu Bokchoy Asian Style (1 porsi)
Bahan:
5 sdm quaker oat quick cooling oatmeal
200 ml air kaldu
1 siung bawang putih, cincang
2 sdm daging sapi cincang
30 gr tofu, potong dadu
4 btg bokchoy, potong-potong
1 bh wortel ukuran kecil, potong-potong. Kukus atau rebus terlebih dahulu
1 btg daun bawang, iris tipis
Garam dan merica secukupnya
1/4 sdt minyak wijen
1 sdt utk menumis

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan daging giling, masak sampai daging matang
2. Tambahkan air kaldu, masukkan quaker oat quick cooking oatmeal
3. Tambahkan tofu, garam, merica, dan minyak wijen. Aduk-aduk
4. Masukkan daun bawang, daun bokchoy, dan wortel
5. Masak hingga tekstur mengental dan sayur matang

Resep Buko Pandan

7/15/2016 0 Comments
Akhirnyaaaa mami bikin juga si buko pandan ini. Awalnya @wenicitra yang bikin si buko. Dibawa ke ultahnya Atiqah, pada nyobain lah para macan. Karena mami ga dateng ke ultah atiqah jadinya ga icip deh. Di grup rame pada ngomongin si buko ini enak. Trus di IG juga udah berseliweran foto-foto si buko. Penasaran kan mami, akhirnya bikin juga deh. Dan nyesel banget baru nyoba sekarang. Ternyata buko pandan ini emang enak banget. Papi ajah doyan! Simpel pula bikinnya, tinggal campur-campur aja. Hehehe.


Resep Buko Pandan

Bahan:
1 kaleng susu evaporated
2 bks susu kental manis
10 lbr daun pandan blender dgn sedikit air matang. Saring, ambil sarinya
2 cup sagu mutiara, rebus sampai matang
2 cup nata de coco
Daging kelapa muda dr 1 bh kelapa
1 bks nutrijel plain, masak dgn air kelapa muda + tambah air sesuai takaran
Keju parut

Cara membuat:
1. Masak nutrijel, biarkan mengeras. Potong dadu
2. Campurkan semua bahan, aduk rata.
3. Dinginkan dalam kulkas
4. Saat disajikan beri topping keju parut

 Coba bikin deh, asli ini enak banget. Rasanya creamy dan aroma pandannya itu looh. Tuh kan jadi pengen bikin lagi.

Resep Tumis Paria Saus Tiram

7/15/2016 0 Comments
Bosen sama tumis paria yang pake teri gitu. Akhirnya mami tumis aja pake saus tiram. Heheheh



Resep Tumis Paria Saus Tiram

Bahan:
2 bh paria, bersihkan, potong2 lalu remas dgn garam sampai layu
2 sdm saus tiram
Garam gula secukupnya
Air secukupnya
Minyak secukupnya

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
3 bh cabai merah besar
5 bh cabai rawit merah

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai matang
2. Masukkan paria
3. Tambahkan garam gula, saus tiram, dan air, koreksi rasa
4. Masak sampai kuah menyusut

Resep Tumis Kacang Panjang Ebi

7/15/2016 0 Comments

Ternyata, kacang panjang ditumis kaya gini enak banget deh. *norak*

Resep Tumis Kacang Panjang Ebi
Bahan:
200 gr kacang panjang
2 sdm ebi, cincang kasar
3 bh cabai rawit merah
2 siung bawang putih, cincang
Garam dan gula secukupnya
Air secukupnya
Minyak goreng

Cara Membuat:
1. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan cabai dan ebi
2. Masukkan kacang panjang
3. Tambahkan air, garam, dan gula
4. Masak sampai matang

Resep Bakso Ayam Teriyaki

7/15/2016 0 Comments
Di Facebook itu orang-orangnya lagi seneng banget share resep-resep. Salah satunya dari akun Tastemade. Penasaran banget mami sama menu ini, akhirnya mami bikin deh. 



Bakso ayam teriyaki
Sumber: @tastemadeindonesia dengan modifikasi

Bahan bakso:
500 gr daging ayam cincang
2 sdm tepung maizena
1 btr telur
2 btg daun bawang, iris
2 siung bawang putih, cincang
1 ruas jahe, cincang
1 sdm kecap asin
Garam dan lada secukupnya

Bahan saus teriyaki:
150 ml air
4 sdm kecap asin
4 sdm madu
1 sdm bawang putih cincang
1 ruas jahe cincang
4 sdm tepung maizena larutkan dgn sedikit air

Cara membuat:
1. Bakso ayam: campur semua bahan. Buat bulatan bakso. Panggang selama 15 menit suhu 200 dercel
2. Saus: campur semua bahan. Masak sampai saus mengental
3. Penyelesaian: masukkan bakso ke dalam saus teriyaki. Masak sampai kuah meresap. Taburi dengan daun bawang dan wijen.

 

Follow Us @soratemplates