Tampilkan postingan dengan label MPASI 9 Bulan. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label MPASI 9 Bulan. Tampilkan semua postingan

Selasa, 02 Januari 2018

Resep MPASI 9 Bulan

1/02/2018 0 Comments

Untuk Resep MPASI 9 bulan gak banyak yang dishare. Karena ini lagi masa-masanya Keana susah banget makannya. Kadang malah gak makan dalam sehari. Masa-masa terberat. Hiks.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bola nasi daging

Parut daging beku
tumis bawang putih dgn minyak sampai harum
masukkan daging, masak sampai berubah warna
Tambahkan air secukupnya
Masak sampai air habis
Campurkan dgn nasi lembek lalu buat bola-bola






---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Perkedel kentang sapi

Bahan:
1 bh kentang ukuran sedang, kukus, haluskan
1 bh wortel ukuran kecil, kukus, haluskan
Daging sapi beku, parut
1 siung bawang putih, parut
Air secukupnya
Ub/minyak sayur utk menumis
Keju parut secukupnya
1/2 btr kuning telur

Cara membuat:
1. Panaskan ub/minyak, tumis bawang putih. Masukkan daging, tumis sampai berubah warna. Tambahkan sedikit air. Masak sampai air habis. Sisihkan
2. Campur semua bahan, aduk rata. Buat bulatan
3. Panggang selama 10 menit
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tahu Bulat
Source: @mpasibayi dgn sedikit modifikasi
Bahan:
1 bh tahu, haluskan
Beberapa lembardaun bayam, cincang halus
Daging sapi beku, parut
Keju parut secukupnya
1/2 kuning telur
Cara membuat:
1. Campur semua bahan
2. Bentuk bulat-bulat lalu kukus 20 menit



Senin, 15 Juni 2015

Resep Cheezy Baked Potato (9m+)

6/15/2015 1 Comments

Ngeju abiiiis. enak nih buat cemilan. Cemilan Aa dan mami. Hahaha

Cheezy Baked Potato (9m+)

Bahan:

  1. 2 bh kentang
  2. 4 kuntum brokoli
  3. Keju parut secukupnya
  4. Oregano secukupnya


Bahan saus keju:

  1. 1 sdt mentega
  2. 1 sdm tepung terigu
  3. 150 ml air (untuk 1 tahun ke atas ganti dengan susu UHT plain)
  4. 50 gr keju, parut


Cara membuat:

*Saus Keju

  1.  panaskan mentega, masukkan tepung terigu, aduk cepat jgn sampai hangus
  2. tuang air, aduk-aduk
  3. tambahkan keju, masak sampai mengental dan meletup-letup. Sisihkan 
*Baked Potato

  1. panaskan oven 175 derajat celcius
  2. kukus kentang dan brokoli. Lalu haluskan kentang dan cincang brokoli. Campur, aduk rata
  3. tuang sebagian campuran kentang brokoli ke wadah tahan panas.
  4. tuang 2 sdm saus keju
  5. tuang sisa campuran kentang brokoli
  6. tuang 2 sdm saus keju
  7. taburi dengan keju parut dan oregano bubuk secukupnya.
  8. panggang selama 15 menit di rak atas. 
*sisa saus keju simpan di wadah kedap udara dan masukkan ke kulkas bisa tahan selama 1 minggu

Rabu, 15 April 2015

Resep Paddas Porridge versi MPASI

4/15/2015 7 Comments
Kmren mami liat-liat blog JTT. eh mami liat resep bubur ini. Mirip-mirip sama bubur MPASI. Jad bisa nih buat anak 9 bulan ke atas. Tinggal tekstur dan bahannya aja yang disesuaikan. Di skip garam gula nya.


Paddas Porridge dengan Slow Cooker versi MPASI


Bahan:
  1. 4 sdm beras
  2. 2 sdm daging sapi cincang
  3. 800 ml air kaldu ayam (bisa menggunakan air biasa)
  4. 1 sdm wortel potong dadu kecil
  5. 1 sdm zucchini potong dadu kecil
  6. 1 batang daun bawang, rajang kasar

Bumbu: 
  1. 1/2 sdm minyak untuk menumis
  2. 1 sdm bawang bombay cincang
  3. 1 siung bawang putih, cincang halus
  4. 1 lembar daun jeruk, sobek kasar bagian tulang tengahnya
  5. 1 batang serai, geprek
  6. 1 ruas jari jahe, gerek
  7. garam, gula pasir, merica bubuk  secukupnya

Cara membuat:
  1. cuci bersih, asukkan beras ke dalam panci slow cooker. Sisihkan.
  2. panaskan minyak dan tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan bawang putih, daun jeruk, jahe dan serai, aduk dan tumis hingga harum. 
  3. Masukkan potongan daging sapi, Masak sampai daging berubah warna. Matikan kompor.
  4. Tuangkan tumisan ke dalam panci berisi beras. Masukkan kaldu dan aduk rata. 
  5. Tutup panci dan masak dengan posisi high selama 2 - 3 jam atau low selama 4 jam-an. 
  6. Jika bubur matang, masukkan semua sayuran, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata dan lanjutkan memasak selama 1 jam hingga sayuran menjadi empuk.
  7. Angkat jahe, serai, dan daun jeruk. Sajikan hangat


Note:
  • Untuk dibawah 1 tahun, garam, gula, dan merica di skip. Karena bubur sudah gurih dari tumisan daging dan kaldu
  • Sayur bisa disesuaikan dengan selera masing-masing
  • Sayur bisa diparut untuk anak dibawah 1 tahun
  • Bisa dimasak pakai panci biasa
Mami doyan loooh sama bubur ini. Ikut icip pas kenzie makan :D

Minggu, 04 Mei 2014

Resep MPASI: Sup Bola Ayam Jamur Soun (9m+)

5/04/2014 0 Comments

Sup Bola Ayam Jamur Soun
Sumber: buku 99+ Resep Rumahan Cihuy! @mamakokihandal ala Mama Dian Prima

Bahan:
  1. 250 gr fillet dada ayam, giling/cincang halus
  2. 2 gr jamur kuping, rendam dengan air dingin sampai mekar dan empuk, cacah halus
  3. 2 sdm soun basah (concang)
  4. 1 siung bawang putih besar, haluskan. Untuk diatas 1y bisa ditambah dengan garam dan merica sedikit
  5. 1 sdt tepung sagu

Kuah Sup:
  1. 100 gr lobak putih, potong-potong (karena gak ada saya ganti pakai wortel)
  2. 600 ml air
  3. 1 siung bawang putih, keprek lalu cincang halus
  4. 1 sdm minyak wijen
  5. 1 sdt minyak sayur
  6. garam, gula, dan merica sesusai selera (untuk 1y+)

Cara Membuat:
  1. Panaskan air sampai mendidih
  2. Campur semua bahan bola ayam, aduk rata. bentuk bulatan kecil. Lalu masukkan ke dalam kuah sup yang mendidih.
  3. Tumis bwang putih dalam campuran minyak wijen dan minyak sayur , bila sudah harum masukkan ke dalam kuah sup
  4. Tambahkan wortel ke dalam kuah sup. Masak sampai matang
  5. Sajikan dengan nasi

Senin, 27 Januari 2014

Resep MPASI: Tahu Kukus Sayuran (9m+)

1/27/2014 8 Comments
Tahu kukus sayuran ini bisa dimakan mulai dari usia 9m+. Tinggal disesuaikan aja bahan-bahannya dan tekstur dari si sayuran ;)

Bahan:

  1. 1 bh tahu sutra
  2. 2 sdm makan daging cincang (ayam/sapi)
  3. 1 bh waortel, potong dadau kecil
  4. 1 sdm jagung manis pipil
  5. 1 btg daun bawang (bagian daunnya saja), iris tipis
  6. 1 sdm bawang bombay cincang
  7. 1 bh telur (<1y kuningnya saja)
  8. Gula garam secukupnya (<1y skip)


Cara Membuat:

  1. Haluskan tahu
  2. Campur semua bahan. Aduk rata
  3. Masukkan adonan dalam wadah tahan panas
  4. Kukus kurleb 15 menit.


Kenzie suka banget sama makanan ini. Dimakan pakai nasi lahap, dijadiin cemilan juga lahap. Bukan cuma Kenzie aja yang suka papi dan onty-nya juga suka. Hehehe. Gampang banget bikin menu ini.

Minggu, 30 Juni 2013

Resep MPASI: Bubur Sumsum (9m+)

6/30/2013 5 Comments

Bahan bubur sumsum:
  1. 200 gr tepung beras
  2. 800 ml santan (dari 1 bh kelapa)
  3. 1/2 sdt garam
  4. 2 lbr daun pandan, ikat

Bahan kuah gula merah:
  1. 150 gr gula merah
  2. 200 ml air
  3. 1 sdt gula pasir
  4. 1 lbr daun pandan

Untuk <1y kuah gula merah dan garam di skip ya..

Cara membuat:
  1. Bubur sumsum
  2. Campur tepung beras dan air santan. Aduk sampi tidak ada yang menggumpal
  3. Masukkan garam dan daun pandan
  4. Masak di atas api kecil sampai bubur licin

Kuah gula:
  1. Rebus gula merah, gula pasir dan dan daun pandan dalam air
  2. Masaka sampai kuah gula mendidih

Cara Penyajian:
Tuang bubur sumsum dalam mangkok lalu siram dengan kuah gula

Minggu, 06 Januari 2013

Review MPASI 9 Bulan Kenzie

1/06/2013 0 Comments
Kebiasaan nih selalu telat bikin review MPASInya Kenzie >.< Abisnya kalau siang gak sempet buka leptop, pas malem udah keburu ngantuk. Jadinya ya gini deh telat cerita tentang MPASI 9 bulannya Kenzie. Padahal Kenzie sekarang udah 10bulan 18hari, hehehe.

Makanan Kenzie udah mulai banyak jenisnya, gak cuma makan bubur nasi aja, tapi saya mulai mengenalkan agar-agar, santan, makaroni, hati ayam, kuning telur, kacang merah, dan ikan salmon. Cuma satu yang nunjukin gejala alergi, yaitu kacang merah. Ikan salmon malah ga nunjukin reaksi alergi.


Jenis makanan MPASI 9 bulan:
Warna hijau makanan favorit Kenzie
Warna kuning makanan pencetus alergi

Kenzie punya makanan kesukaan baru, pisang, oatmeal dan semua makanan yang dicampur keju. 

Menu yang Kenzie makan di usia 9 bulan:

Jadwal makan Kenzie:
Saya juga sudah memberikan cemilan 2x sehari untuk Kenzie. Cemilannya kadang saya bikin sendiri seperti  smoothy puding dan perkedel ayam-sayur sembunyi. Atau yang gampang cemilannya buah. Kadang Kenzie ngemil biskuit bayi. Kenzie juga suka makan bubur instan. Bubur ini saya kasih kalau Kenzie lagi gak mau makan apa yang saya masak. Jadi saya bikin bubur instan yang cepet jadi. Sesekali gak apa-apa ya nak. ;)
Untuk cemilan 2 kadang saya kasih pas jam 19:00 karena Kenzie suka lama bobo siangnya, bangun-bangun pas jam makan sore.

Begitulah review MPASI 9 bulannya Kenzie. Semoga bermanfaat. Dan semoga di MPASI 10 bulannya, saya bisa lebih baik lagi memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk Kenzie. ;)

Selasa, 18 Desember 2012

Resep MPASI: Smoothy Puding w/ Mango Sauce

12/18/2012 2 Comments

Lagi semangat banget nih bikin cemilan yang oke buat Kenzie. Mudah-mudahan ga cuma sebentar ya semangatnya. Hihihi. Kali ini saya bikin smoothy puding with mango sauce. Tadinya cuma mau bikinin jus aja buat Kenzie, tapi kok kepengen bikin yang beda, tapi bahannya masih tetep pake buah. Nemu deh resep ini pas lagi baca-baca milis MPASI rumahan. Di resepnya sih gak pake mango sauce. Ini saya tambahin sendiri biar ada rasa manisnya. Soalnya puding ini gak pake gula jadi ga ada rasa manisnya.

Bahan:
  1. 100 gr wortel manis, kukus
  2. 100 gr pear xiang-lie (saya ganti dengan melon)
  3. 150ml air
  4. 250 ml susu UHT/santan (saya pakai santan, kalau ga pake susu UHT/santan pun bisa)
  5. 1/2 sdt agar-agar plain
  6. 10 gr gula pasir (under 1y skip)
Cara Membuat:
  1. Blender halus wortel, pear/melon, dan air, sisihkan
  2. Masak di atas api kecil, susu UHT/santan, gula, dan agar-agar plain, aduk-aduk sampai mendidih, angkat
  3. Campur rata dengan hasil blenderan
  4. Tuang ke dalam cetakan , tunggu sampai dingin, dan siap disajikan
Hasilnya lembuuut banget, malah gampang hancur kalau menurut saya. Kalau mau lebih kenyal tinggal dikurangi aja airnya.

Untuk mango sauce tinggal blender aja buah mangga yang manis.

Senin, 17 Desember 2012

Resep MPASI: Perkedel Ayam - Sayur Sembunyi + Keju (9m+)

12/17/2012 7 Comments
Binguuung banget mau bikin cemilan apa buat Kenzie. Pengennya sih yang tinggal kukus-kukus aja, tapi bahannya gak ada. Belom sempet ke supermarket. Pengen banget ngasih cemilan yang sehat buat Kenzie. Biar berat badannya cepet naik. Ya udah deh ngubek-ngubek blog dan milis MPASI Rumahan. Nemu deh resep perkedel ayam - sayur sembunyi + keju. Bahan-bahannya gampaaang banget. Cara bikinnya juga gampang. Cemilan yang padat gizi. Sayang kejunya keabisan, jadi ga pake keju deh. Hiks.


Bahan:
  1. 100 gr dada ayam cincang, kukus terlebih dahulu
  2. 3 bh kentang, kukus, haluskan
  3. 1 bh wortel, parut dengan parutan keju, kukus, haluskan
  4. beberapa kuntum brokoli, cuci bersih, kukus, cacah halus (gak ada brokoli, jadi pakai bayam)
  5. 100 gr keju parut, bisa juga dikurangi (gak pake karena keabisan >.<)
  6. 1 siung bawang putih, parut
  7. 1 kuning telur
Cara Membuat:
  1. Campur semua bahan jadi satu dan halus
  2. panaskan pan anti lengket, oleskan sedikit minyak secara rata. 
  3. Ambil sesendok adonan perkedel, pipihkan di atas wajan
  4. "Panggang" perkedel sampai memadat dan agak kecoklatan
  5. Angkat, tunggu sampa agak dingin dan siap dijasajikan
Makanan ini bisa juga dijadikan makanan utama

Reaksi Kenzie: Walaupun ekspresinya aneh pas nyuap, tapi dia lahap makan perkedelnya. Setiap makan kentang pasti kaya gitu ekspresinya. Hehe 


Selasa, 11 Desember 2012

Resep MPASI: Sup Tahu Ayam + Wokini Kukus

12/11/2012 0 Comments
Aduuh kemarin tuh keabisan ide bikin menu makannya Kenzie >.< Lagi ga sempet juga nyari-nyari resep baru. Di rumah masih ada zucchini/sukini. Pengen bikin menu yang gak dicampur-campur sama buburnya. Jadi kaya orang dewasa gitu. Bubur, sayur, dan lauk terpisah. Bikin apa ya yang gampang tapi komposisinya lengkap? Tiba-tiba kepikiran bikin sup tahu ayam, trus sayurnya dikukus terpisah aja deh. Zucchini nya campur wortel aja.  Jadi deh wokini kukus, Wortel zucchini kukus. Hahaha. Ngarang abis :D Yuk mariii kita bikin :D



~Bubur~
Buburnya polos aja

~Sup Tahu Ayam~


Bahan:
  1. 1/2 sdt ELOO
  2. 1sdt bawang bombay cincang
  3. Tahu putih secukupnya, potong dadau kecil-kecil
  4. 2 sdm daging ayam cincang
  5. 3 lembar daun seledri, cincang
  6. 150ml kaldu/air biasa
Cara Membuat:
  1. Tumis bawang bombay sampai wangi
  2. Masukkan daging ayam, masak sebentar
  3. Tambahkan air kaldu
  4. Masukkan tahu dan daun seldri, masak sampai matang

 ~Wokini Kukus~




Bahan:
  1. Wortel secukupnya, parut
  2. Zucchini secukupnya, parut
Cara Membuat:
  1. Kukus semua bahan selama 5 menit
Reaksi Kenzie: Kenzie suka sama menu ini. Banyak juga makannya

Hari ini menu sup tahu ayam masih sama cuma sayurnya diganti sama labu siam dan jagung manis. tapi sayang kenzie ga suka. Makannya ga lahap. Huks. Besok harus cari ide menu lainnya nih.. semangaaaaaaatt...

Senin, 10 Desember 2012

Resep MPASI: Makaroni Saus Keju

12/10/2012 4 Comments
Ini dia satu lagi menu sarapan favorit Kenzie.


Bahan:
  1. 2 sdm makaroni + air utk merebus
  2. 200 ml kaldu ayam
  3. 2 sdm kabocha parut
  4. 1 sdm keju parut
  5. 1 sdt bawang bombay cincang
  6. 2 sdm daging sapi/ayam cincang
  7. brokoli 2-3 kuntum (gak pake karna ga ada :D)
  8. 1 sdt ELOO
  9. 1 kuning telur kocok
Cara Membuat:
  1. Rebus makaroni dengan air selama kurleb 10 menit. Sisihkan lalu haluskan dengan saringan kawat
  2. Tumis bawang bombay dengan ELOO, masukkan daging cincang, masak sampai berubah warna
  3. Masukkan kaldu, kabocha parut, dan keju parut
  4. Masukkan kocokan telur, kemudian masukkan brokoli
  5. Masak sebentar sampai matang
  6. Siramkan saus keju di atas makaroni
Reaksi Kenzie: Waaaahhh Kenzie sukaaa banget sama menu ini. Lahap hap hap. Gak muncul tanda alergi juga setelah makan kuning telur.

Pengenalan makan telur dimulai dengan kuning telurnya terlebih dahulu. Dari info yang saya dapat setelah ikutan #KelasMPASI nya AIMI ASI, ternyata putih telur lebih banyak mengandung bakteri.

Nah, saya masak saus kejunya kebanyakan, jadi pas siangnya saya pakai aja untuk lauknya. Buburnya sapa pakein hati ayam. Gak kalah lahap makannya. Seneng deh liat anak lahap makannya :)


Rabu, 05 Desember 2012

Resep MPASI: Tim Hati Ayam+Bayam

12/05/2012 0 Comments

Bahan:
  1. 1 genggam beras
  2. Air
  3. 100ml kaldu
  4. 1 buah hati ayam, cincang (kalau saya, hati ayam direbus bersama daun salam, 1cm jahe, dan 1btg sereh terlebih dulu selama 15menit. biar hatinya gak bau amis)
  5. Tempe secukupnya, cincang
  6. 6 lembar daun bayam, cincang
  7. 1 sdt keju parut
Cara Membuat:
  1. Rebus beras bersama kaldu, air, hati ayam, dan tempe, masak sampai menjadi bubur
  2. Tambahkan bayam dan keju parut
  3. Masak sampai semuanya matang

Selasa, 04 Desember 2012

Resep MPASI: Soup Veggie

12/04/2012 0 Comments
Umur Kenzie sudah 9m+, jadwal makannya mau saya rubah, 3 kali makan padat dan 1-2 kali cemilan. Nah, tadinya kan sarapannya Kenzie makan buah yang dicampur oatmeal atau hanya buah saja sekarang buahnya mau saya jadikan cemilan. Jadi, sarapannya mulai makanan padat. Hari ini saya coba bikin soup veggie. Resepnya saya dapat dari milis MPASI Rumahan tapi udah saya modif sedikit :D


Bahan:
  1. 1 sdt ELOO
  2. 1 sdt bawang bombay cincang
  3. Brokoli secukupnya, ambil bagian bunganya saja, cincang
  4. Wortel secukupnya, parut
  5. Kentang secukupnya, parut
  6. Tempe secukupnya, cincang
  7. 2 sdm daging ayam cincang
  8. 100 ml air/kaldu
  9. 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan air matang
  10. 1 sdt keju parut
Cara Membuat:
  1. Kukus semua sayuran
  2. Tumis bawang bombay dengan ELOO sampai wangi, tambahkan daging ayam cincang dan sayuran yang sudah dikukus
  3. Masukkan 100ml air/kaldu, kemudian masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit
  4. Tambahkan keju, aduk-aduk, masak sampai mengental dan matang
Rasanya enaaak. Gurih. Saya aja suka. Semenjak masak menu MPASI pakai ELOO dan keju rasanya jadi lebih enak ;)

Reaksi Kenzie: Kenzie suka sama soup veggie. Minta disuapin terus :D

Kamis, 29 November 2012

Resep MPASI: Beef in Gravy (Saus Daging)

11/29/2012 0 Comments
Hmmm.. Bosen deh bikin bubur tim terus. Semua bahan dicampur jadi satu. Pengen bikin bubur trus ada lauknya terpisah. Mariii ngubek-ngubek file milis MPASI rumahan lagi. Hihihi. Yup ketemu deh menu baru! Bikin beef in gravy aja deh. Mumpung ada persediaan daging giling di kulkas. Dan yang paling pentiiiing bahan-bahannya gampang di dapat. Hehe


Bahan:
  1. 1 sdt ELOO
  2. 1 siung bawang putih, cincang
  3. 2 sdm bawang bombay, cincang
  4. 250 gr daging sapi giling. Bisa juga diganti dengan daging ayam kampung atau hati ayam kampung
  5. 250 ml air matang, saya pakai kaldu juga
  6. 1 btg daun bawang, cacah halus
  7. 50 gr wortel, parut
  8. 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
Cara membuat:
  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih menggunakan ELOO
  2. Masukkan daging sapi dan air matang/ kaldu, masak hingga daging berubah warna
  3. Masukkan bahan-bahan lain selain maizena, masak selama 15 menit dengan api kecil hingga matang
  4. Masukkan larutan maizena, aduk hingga kental, angkat dan dinginkan
  5. Haluskan dengan blender atau food processor bila perlu
  6. Masukkan ke dalam cetakan es batu, bekukan bila perlu
Kalau untuk Kenzie, takaran segini untuk 4 kali makan. Beef in gravy ini adalah lauk. Buburnya saya bikin bubur polos. Kalau saya sih saya tambahin keju biar rasanya lebih enak. Emang enak banget deh rasanya. Yummy! 

Fotonya kurang menarik nih. Hehe. Terlalu halus gravy-nya, terlalu lama diblender.


Reaksi Kenzie: Lagi dan lagi Kenzie lahaaap makannya. Seneng banget!

Resep MPASI: Tim Salmon Keju

11/29/2012 0 Comments
Udah dua hari menunya bubur salmon sayur. Hmm pengen coba menu baru takutnya Kenzie bosen tapi bahan yang dipake kurang lebih sama kaya menu sebelumnya. ya udah deh bikin yang gampang aja :D Tim salmon keju.

Bahan:
  1. 1 genggam beras
  2. Air sesuai kebutuhan
  3. 2 sdm daging salmon cincang
  4. Tempe secukupnya, iris-iris kecil
  5. 1 buah wortel kecil, parut
  6. 1 sdt keju parut
  7. 1 sdt ELOO
Cara membuat:
  1. Masak beras dan air di atas api kecil
  2. Tumis daging salmon menggunakan ELOO
  3. Setelah bubur setengah jadi masukkan wortel, tempe, dan ikan salmon
  4. Setelah masak masukkan keju parut, aduk
Gak kalah enak menu ini dibandingkan dengan bubur salmon sayur. Sama-sama enyaaak..

Reaksi Kenzie: Kenzie lahap hap hap makan menu ini. Ludes juga bubur yang dimasak. Seneeeeng deh rasanya kalau anak lahap makannya. Apalagi kalau makan makanan yang kita masak sendiri. Di hari kedua makan salmon mulai muncul bintik-bintik merah di lengan Kenzie. Tapi gak banyak. Gak separah kalau makan buah melon.

Resep MPASI: Bubur Salmon Sayur

11/29/2012 0 Comments
Bosen dengan bahan makanan yang itu-itu aja. Nah pas belanja bulanan kemarin liat ikan salmon. Ya udah deh beli. Lagian Kenzie belum pernah nyoba makan ikan. Padahal belum cari resep yang pakai ikan salmon >.< Daaan pas baca-baca di milis, ada orang yang bilang klo ikan salmon itu high alergen, kenapa ga coba ikan tawar aja dulu untuk pertama kali. Doh! Mana Kenzie alergi lagi. Maminya makan udang atau ikan asin pasti muncul bintik-bintik merah kaya biang keringat di lengannya. Tapi bahan udah dibeli ya kita coba aja. Semoga gak muncul tanda alergi ;)

Setelah ngubek-ngubek milis akhirnya ketemu deh resep ikan salmon. Ternyata banyak. Tapi cuma dua resep yang paling mudah yang saya pakai :D Bubur salmon sayur dan tim salmon. Yuk kita bahas resep bubur salmon sayur. Menu ini untuk usia 8m+ yaa.. Masaknya juga sudah mulai tumis-tumisan pakai Extra Light Olive Oil (ELOO), bisa juga pakai minyak kelapa/sawit biasa. ELOO ini bisa jadi booster bb loh.


Oh ya, ada tips untuk penyimpanan dan cara menghilangkan bau amis ikan salmon. Emang beneran amis banget loh baunya >.<
  1. Potong ikan salmon sesuai dengan porsi yang dibutuhkan, tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Masukkan ke dalam plastik ziploc. Masukkan ke dalam freezer
  2. Malam sebelum dipakai, taruh ikan di kulkas bawah agar mencair esnya
  3. Cuci bersih, kemudian rendam dengan air perasan jeruk nipis kurleb 15 menit. Tapi jika menggunakan perasan air jeruk nipis takutnya rasa asam meresap ke dalam daging ikan. Jadi bisa juga direndam dalam parutan ketimun.
Bahan:
  1. 1 sdt ELOO, saya pakai merk Borges karena ada label halalnya
  2. 1 sdt bawang bombay cincang
  3. 1/2 sdt bawang putih cincang
  4. 1/2 sdt keju
  5. 3 sdm daging salmon cincang
  6. 1 sdm wortel parut
  7. 100 ml kaldu
Cara membuat:
  1. Tumis bawang bombay terlebih dahulu lalu bawang putih
  2. Masukkan daging salmon dan wortel, tumis sebentar
  3. Masukkan kaldu dan keju
  4. Aduk hingga mengental
Untuk bubur saya masak bubur polos. Gak boong deh enaaak banget menu ini. Wangiii. Saya aja suka :D Wuiiih Kenzie makannya super lahap. Mangapnya lebar. Kalau telat nyuapin dia teriak "mamam". Hahaha. Ludeees semuanya yang ada dipiring. 

Reaksi Kenzie: Kenzie suka banget sama ikan salmon. Hari pertama makan salmon tanda alergi tidak muncul 

 

Follow Us @soratemplates