Jumat, 26 Januari 2018

Resep MPASI: Nugget Tahu Oatmeal (12m)

1/26/2018 0 Comments


Adek lagi maunya makanan yg kering2. Jadi mami bikin nugget tahu oatmeal aja. Sebenernya pake oatmeal karna gak punya breadcrumbs 😁😁 resepnya modif dari resep mpasi zalfa @ayudiagitaa . Ijin share resepnya ya mama zalfa.
.
Nugget tahu oatmeal (13m+)
Bahan:
1 bh Tahu putih, haluskan
2 sdm Daging ayam cincang
1/2 btg Wortel parut
1 btg Daun bawang iris
1 siung Bawang putih cincang
1/4 bh Bawang bombay cincang
1 btr telur
2 sdm tepung terigu
Butter
Garam

Bahan pelapis:
1 btr telur
Oatmeal yg sudah di blender

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dgn butter
2. Masukkan daging ayam, masak sampai berubah warna
3. Masukkan wortel, daun bawang, dan garam. Aduk rata. Masak sebentar. Sisihkan
4. Campur tahu, tumisan, tepung terigu, dan tekur. Aduk rata
5. Taruh diwadah tahan panas. Kukus sampai matang
6. Potong-potong adonan nugget. Lumuri dengan kocokan telur lalu balur dgn oatmeal. Lakukan sampai nugget habis
7. Goreng dgn minyak sampai kecoklatan. Angkat. Sajikan.

Senin, 22 Januari 2018

Resep MPASI: Steam Ikan Nila (12m)

1/22/2018 0 Comments

Recook resepnya @monsterpipi_bund . Biasanya kalo masak steam ikan gini jahe sama bapit cuma dicincang. Tp liat resep nya @monsterpipi_bund ditumis. Jadi ikutan deh bikin jg.

Steam Ikan Nila
Bahan:
Ikan nila, cuci bersih, lumuri dgn jeruk nipis, diamkan 5 menit, cuci bersih kembali
1 btg daun bawang, iris tipis
1 sdt saos tiram
1/2 sdt kecap asin
2 sdm air
1/2 sdt minyak wijen

Bumbu halus
2 siung bawang putih
Sedikit jahe

Cara membuat:
1. Panaskan minyak wijen. Tumis bumbu halus. Masukkan saos tiram, kecap asin, dan air. Matikan api
2. Taruh ikan di wadah tahan panas. Siram dengan tumisan bumbu
3. Kukus selama 15 menit
4. Masukkan irisan daun bawang. Masak lagi sebentar sampai daun bawang layu
5. Sajikan dengan nasi

Resep MPASI: Brokoli Cah Telur (12m)

1/22/2018 0 Comments


Kabita ngeliat menunya Russel Richel @vici_phanduwinata . 1 menu udah komplit ya ci hehe. Maacih vici resepnya.

Brokoli Cah Telur
Bahan:
1 bh brokoli ukuran sedang
50 gr udang, kupas bersih
1 btr telur, kocok lepas
3 siung bawang putih, cincang
2 btr bawang merah, cincang
1 sdm saus tiran
1 sdm kecap asin
Garam, gula, merica
Air secukupnya
Larutan maizena
Minyak

Cara membuat:
1. Rebus brokoli sampai matang, sisihkan
2. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum
3. Masukkan udang, masak sampai berubah warna
4. Tambahkan air, saus tiram, kecap asin, garam, gula, merica. Masak sampai mendidih
5. Masukkan brokoli. Aduk-aduk
6. Masukkan kocokan telur, diamkan sebentar lalu aduk perlahan
7. Masukkan larutan maizena. Masak sampai kuah sedikit mengental

Resep MPASI: Creamy Salmon Macaroni (12m+)

1/22/2018 0 Comments

Creamy Salmon Macaroni (12m+)
Bahan:
Makaroni, rebus sampai empuk, sisihkan
Brokoli, potong2, kumus, sisihkan
bawang putih, cincang
Bawang bombay, cincang
Salmon, potong dadu kecil
Keju parut secukupnya
Oregano secukupnya
1 sdm tepung terigu
100 ml susu uht plain
Butter

Cara membuat:
1. Campurkan tepung terigu dan susu, aduk rata
2. Tumis bawang putih dab bombay dengan butter sampai harum. Masukkan potongan salmon. Masak sampai berubah warna
3. Masukkan campuran susu. Tambahkan keju parut. Aduk2
4. Masukkan brokoli dan makaroni. Masak sampai mengental dan meletup-letup

Jumat, 12 Januari 2018

Resep Sop Iga

1/12/2018 0 Comments
Sop Iga
Bahan:
1 kg iga
4 bh wortel, potong-potong
2 btg daun bawang
Garam
Gula
Merica
6 bh cengkeh
Air yg banyak

Bumbu halus:
7 siung bawang putih

Pelengkap
Tomat potong
Seledri
Bawang goreng
Sambal
Jeruk limo

Cara membuat:
  1. Blansir daging terlebih dahulu. Lalu cuci bersih daging. Panaskan air, masukkan daging yg sudah di blansir. Masak dgn api kecil selama 1 jam
  2. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan ke dalam rebusan daging. Tambahkan garam, gula, merica, dan cengkeh. Masak lagi selama 1 jam
  3. Kukus wortel, sisihkan
  4. Setelah daging empuk, masukkan potongan daun bawang
  5. Taruh wortel dan tomat di mangkok. Beri sop iga, taburi dengan seledri dan bawang goreng.

Resep Oseng Merecon

1/12/2018 0 Comments
OSENG MERECON 
ala @tania_laksana

Bahan:
250 gr daging sapi sandung lamur, potong kecil-kecil
1 lbr daun salam
1,5 cm lengkuas, geprek
1 sdm gula merah
2 sdm kecap manis
Garam, secukupnya
Gula pasir, secukupnya
Minyak
Air

Bumbu halus
4 btr bawang merah
3 siung bawang putih
15 bh cabai rawit merah
10 bh cabai merah keriting
1 cm jahe

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas sampai harum. Tambahkan gula merah, garam, gula pasir, dan kecap
2. Masukkan daging, aduk rata. Tambahkan air
3. Masak sampai daging empuk

Resep Kerang Ijo Kuah Kuning

1/12/2018 0 Comments
Kerang Ijo Kuah Kuning

Bahan:
2 kg kerang ijo, cuci bersih, sikat cangkangnya
4 lbr daun salam
4 batang serai
1 bh jahe, geprek
1 bh lengkuas, geprek
Garam gula
Air secukupnya
Minyak goreng

Bumbu halus:
6 btr bawang merah
6 siung bawang putih
Kunyit
Jahe

Cara membuat:
  1. Rebus kerang bersama rempah, buang buih-buihnya. Angkat, biarkan dingin. Lepas kerang dari cangkang. Buang kotoran kerang. Sisihkan
  2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun salam, serai, dan lengkuas
  3. Tambahkan air. Masukkan kerang, garam, dan gula
  4. Masak sampai bumbu meresap

Review Amber Necklace - Kalung Pereda Nyeri Saat Tumbuh Gigi

1/12/2018 0 Comments
Suka ada yang tanya, "mba, keana pake kalung amber ya? Ngaruh gak? Beli dimana? Harganya berapa?"

Jadi Keana ini selalu demam tiap mau tumbuh gigi. Bisa 2/3 hari demam sampe 38dc tiba2 gitu, tapi ga ada batpil. Nah pas bulan november kemaren, tiba-tiba panas tuh badannya. Curiga lah mami apa karena mau tumbuh gigi. Langsung pesen kalung amber di @audreyambernecklace

Kalung amber ini fungsinya untuk meredakan nyeri saat tumbuh gigi. Alhamdulillah ngefek banget di adek Keana. Setelah yang demam itu, alhamdulillah ga ada demam lagi. Tau-tau gigi geraham 4 biji udah nongol. Dan juga tidur malem adek jadi lebih nyenyak, jarang kebangun.

Tipe kalung yang adek pake Baroque Multicolor ukuran 32cm. Harganya 300rb. Dijamin asli karena ada sertifikatnya.

Berikut beberapa informasi tentang Amber Necklace dari @audreyambernecklace
  • Kalung amber memliki manfaat: meredakan rasa nyeri secara alami, meredakan rasa gelisah/tidak tenang, membuat tidur lebih nyenyak, dan meredakan demam tubuh gigi
  • Pemakaian kalung disarankan usia anak minumal  3 bulan. kaena newborn s/d 2 bulan sebagian besar kulitnya masih sensitif
  • Sebaiknya Amber Necklace dibuka saat mandi atau berenang karena kandungan succinic acid dalam amber akan berkurang dan tidak maksimal lagi ketika terkena apapun yang mengandung zat kimia (sabun, sampo, dll)
Semoga infonya bermanfaat yaaa...

Senin, 08 Januari 2018

Mengatasi GTM Keana

1/08/2018 0 Comments
Bismillahirrohmanirrohim.. Mami mau share perjuangan mami ngadepin GTM nya adek Keana. Mami buka mau pamer atau sombong kalau adek udah mau makan. Mami Cuma mau berbagi aja pengalaman mami dalam ngadepin GTM. Karena mami tau banget ngadepin anak GTM itu berat banget. Bikin stress. Semoga apa yang mami share bisa membantu ibu-ibu lain yang anaknya lagi GTM.

Mami mau cerita dulu ya, awal mulanya Keana GTM itu pas umur 8 bulan. Jadi yang tadinya mau makan apa aja, lahap makan aja, mulai nunjukin ogah-ogahan makan. Disuapin mingkem. Akhirnya mami kepikiran apa adek mau makannya sendiri karena apa yang adek pegang pasti dimasukkin ke mulut. Dicobalah lah metode blw ala-ala. Hehehe. Menu pertamanya itu nasi lembek sama scramble egg. LAHAP!! Sampe beberapa hari berikutnya masih lahap. Tapi ternyata adek blw nya abal-abal, soalnya kadang pengen disuapin juga. Dan lebih banyak makanan yang kebuang daripada yang masuk.

Baca juga: Cerita MPASI Keana

GTM terus berlanjut, malah kadang ada sehari adek gak mau makan. Terus mami ngadepinnya gimana? Nahan kesel sambil nangis. Iyah beneran nangis. Gak cuma sekali deh mami nangis pas lagi waktunya adek makan. Jam makan adek itu jamnya mami uji nyali.

Selain GTM, adek ini sering banget batuk pilek. Udah mah susah makan ditambah sering batpil. Ya Allah bener-bener deh pokonya. Batpil itu bikin bb banyak banget turunnya. Kalo berkali-kali batpil berarti kan baru naek bb nya eh turun lagi. Udah deh GTM dan BB turun jadi masalah banget buat mami. Bener-bener bikin mami pusiiiing.
.
Apa aja yang udah mami usahain biar adek mau makan?
  • Naik turun tekstur
  • Kasih garam dari umur 11  bulan
  • Makan sambil nonton tv atau ngajak main (pengennya gak begini tapi apa daya0
  • Ikut menu keluarga, ikut makan kalau aa makan
  • Makanan instan
Dari itu semua tetep aja kalau makan paling cuma masuk beberapa suap doang. Hiks. Jadi kira-kira hampir 5 bulan lah si adek susah makan. Tapi Alhamdulillah mami udah bisa mengatasi masalah GTM nya adek. Mami mau share ya. Semoga bisa bermanfaat, bisa membantu ibu-ibu lain.

🍴MENINGKATKAN NAPSU MAKAN🍴
Di IG itu banyak bgt ibu2 yang suka sharing hal-hal bermanfat. Salah satunya postingan bunda zami @ayutyassnugroho. Mbak ayu bilang musuh utama bb anak itu batpil. Kalo udah batpil bb bisa terjun bebas. Jadi, kita harus ngusahain banget anak selalu dalam kondisi yang sehat. Kalo kondisi anak sehat, anak bakal enak jg buat makan. Selain itu, mami juga liat instastory @theoilsby , kalau sistem pencernaan bagus, bisas meningkatkan napsu makan anak. Kebeneran banget adek ini BAB nya suka keras, bisa 1 hari gak pup. mungkin itu ya yang bikin adek gak mau makan.

Jadi ini yg mami lakuin utk meningkatkan napsu makannya adek Keana:
πŸ‚Menjaga Daya Tahan Tubuh
Untuk menjaga daya tahan tubuh adek biar gak gampang batpil, mami pake YLEO yang THIEVES. Buat mami oil ini juara. Udah hampir 2 bulan mami pakein ini ke adek. Pas papi batuk, adek Keana gak ketularan. Alhamdulillah daya tahan tubuh adek lebih bagus sejak pake ini. Semoga manfaat dari  THIEVES ini bisa menjaga daya tahan tubuh adek.


πŸ‚Mengatasi Masalah Pencernaan
Setelah liat instastory nya @theoilsby , akhirnya mami memutuskan untuk beli YLEO TUMMYGIZE. Oil ini memang untuk bayi ya. Emang sih yleo ini pricey menurut mami. Tapi demi adek mau makan apapun mami usahain. Mami udah pake oil ini sekitar 3  mingguan. Tiap habis mandi pagi mami oles  1 tetes tummygize di perut adek.

πŸ‚Pijiat Napsu Makan
Mami keingetan kalau ada pijat yang manfaatnya untuk meningkatkan napsu makan anak. Kalau gak salah namanya pijat tuina. Langsung lah mami buka yutub buat cari videonya. Video pijatnya yang dr. Reza Gunawan ya. Mami baru ngelakuin 1 sesi. Insya Allah nanti mau pijat lagi.


πŸ‚Suplemen atau Vitamin dari Dokter Anak
Karena sering bolak balik batpil, bikin bb Keana susah naik, dan napsu makan keana yang kacau, akhirnya mami minta vitamin ke DSA nya Keana. Pernah dikasih yang sirup dan racikan. Suplemen atau Vitamin ini membantu  meningkatkan napsu makan adek. Untuk pemberian vitamin sebaiknya konsul ke DSA ya.

Terus setelah melakukan  hal- hal di atas hasilnya gimana?
Alhamdulillah BERHASIL! MasyaAllah tabarakallah adek mulai mau makan lagi. Yg tadinya sehari paling Cuma sekali makan ini bisa 3x makan. Walau porsi gak banyak.

πŸ”΄Jadi intinya bukan pada obat atau oil yg dipake ya. Tp kondisi anak harus fit. Kondisi yg fit bikin anak jd mau makan. Kaya kita aja kalo badan ga sehat mana enak buat makan.

Setelah berhasil ningkatin napsu makan adek, skrg PR mami utk ningkatin bb adek.

⬆MENAIKKAN BERAT BADAN⬆
Setelah napsu makan adek membaik sekarang giliran mikirin gimana biar bb adek naik. Mami ngikutin cara menaikkan bb dr @ayutyassnugroho dan @kunaskitchen . Makasih ya mbak udah sharing, alhamdulillah berhasil jg di adek.

Berikut beberapa cara yg mami pakai utk naikin bb adek
πŸ—Kurangi Nasi, Perbanyak Protein dan Lemak
Mami gak terlalu banyak kasih nasi. Lebih banyak porsi lauknya. Kadang dobel protein juga. Mami lagi sering kasih daging merah. Terus untuk menumis mami pakainya butter.

🍌Cemilan: Pisang dan Yoghurt
Menurut mamanya Raline, sebaiknya cemilan biskuit di stop. Tapi mami masih suka kasih biskuit sih. Hehehe. Nah mami lebih sering kasih buah pisang yang tinggi kalori untuk cemilannya Keana. . yoghurt mami kasih yg merk  yummy greek atau merk greenfields.

🍳Perbanyak makan  telur puyuh
Di awal mami ngasih telur puyuh, adek beruntusan jidatnya. Yah alergi deh. Tapi mami tetep kasih sih, 2/3 hari sekali mami kasih telur puyuh. Alhamdulillah mami perhatiin jidatnya ga beruntusan lagi.

🍼Rutin minum susu
Semenjak umur 13 bulan, mami udah kasih susu tambahan ke adek. Mami kasih sufor utk adek karna niatnya utk naikin berat badan. Tapi itupun adek belum bisa banyak minumnya. Sekali minum cuma kuat ngabisin 60ml. Frekuensi jg baru 1x sehari pas malem jam 7 atau 8. Mami mau coba ngasih 2x sekarang. Pagi sebelom tidur pagi dan malem sebelum tidur malem.
Tapi adek Keana gak bisa minum sufor, udah dua merk yang dicoba. Dua-duanya bikin pup adek jadi keras. Untuk sekarang jadinya minum UHT plain.

Hasilnya gimana?
Alhamdulillah dalam waktu sebulan naik 700gram. Masyaallah Tabarakallah. Mami gak mau sebut bb adek. Hehehe. Yang pasti adek gak gendut tapi ga langsing juga.

Liat anak sehat, mau makan, bahagia banget ya rasanya. Salah satu bentuk rejeki dari Allah buat mami. Semoga adek Keana sehat selalu, napsu makan semakin baik, dan bb bisa ideal sesuai usianya. Aamiin.

Semoga apa yang mami share bisa membantu ibu-ibu yang lagi kesulitan menghadapi GTM dan masalah bb anak ya. Terus semangat ya buibu. Bener deh, butuh kesabaran ekstra menghadapi ini. Sabar dan tenang ya. Dan yang paling penting jangan putus berdoa minta sama Allah. Insya Allah doa seorang ibu bakal dikabulin sama Allah. Aamiin.

Kamis, 04 Januari 2018

Senjata Nyembuhin Batpil Anak

1/04/2018 0 Comments
Bulan agustus - september 2017 kemaren anak-anak drama batpil. Adek Keana batpil. Aa Kenzie batpil karna dia alergi berat. Kata DSAnya, Kenzie alergi dingin, debu, coklat, gorengan, kripik, krupuk, jajanan kemasan. Ciyan ya padahal itu kesukaan anak2, tp emang bukan makanan sehat juga sih itu. Jadi tiap salah makan pasti langsung batpil. Dan selama bulan agustus-september sampe 4x ke dokter, 3x uap. Parah! Akhirnya mami mulai coba pake young living essential oil. Karna banyak yg nyaranin.

Rasanya anak bolak balik batpil ituuu.. hmmmm. pengen nangis. KZL. Tapi kan ga boleh gitu sih ya sebenernya. Hiks. Atuh da gimana, baru juga berat badan adek naik banyak, eeeeh kena batpil, turun lagi bb nya. Si Aa juga kan gitu jadi naek turun bb nya. Mana kasian banget liatnya kalo dah batuk-batuk gitu.

Nah, mami mau share ya penanganan mami dalam ngadepin batpil anak. Jadi, awal-awal mami perawatan dulu di rumah. Kalau udah seminggu gak sembuh ya cus ke dokter berobat. Kalau udah kelamaan gitu lebih baik minum obat menurut mami. Kasian  sakitnya kelamaan

Oke jadi ini ada 3 senjata mami buat nyembuhin batpil atpil anak-anak.

1. YLEO R.C
Oil ini untuk  ngatasin batuk pilek. Banyak testi yang bilang kalo oil ini mujarab banget. Bener! Aa pernah batuk ga berenti2 gara2 di sekolah makan bola coklat. Parah itu dari pulang sekolah sampe sore buset itu batuk terus. Bener deh itu ga ada jeda 5 menit udah batuk lagi. Sampe kasian. Akhirnya mami olesin R.C tanpa di dilute ke dada, punggung, telapak kaki, sama belakang kuping. Si Aa bobo dan batuknya berenti. Jadi skrg tiap mulai ada batuk langsung oles. Tapi sebaiknya di dilute dulu ya. Karena oil ini panas. Mikirnya biar langsung mantep gitu kerja si RC karena batuknya lagi ga berenti-berenti. Tapi jangan dicontoh ya lebih baik didilute dulu, takutnya kepanasan dan kulitnya sensitif kalo kena oil nya langsung.
 
Kalo di adek Keana, awal pake ampuh. Tp pas kena batpil lagi mami ngerasa agak lama ngefeknya. Sampe akhirnya tetap minum obat krna batuknya ganggu. Tapi asli mami suka bgt punya R.C ini karna cocok buat Aa Kenzie.

2. BALSEM TOLAK PILEK DEK TITIS
 
Nah ini dia penemuan mutakhir dari mbak @depezahrial 😍😍 adek cocok nih pake ini. Sekitar 2 hr pake ingus adek berenti. Banyak juga yang ngasih testi kalo balsemnya ampuuuh. Aa Kenzie juga suka mami pakein balsem ini. Kadang kalo pagi suka dikit meler mungkin karena alergi dinginnya itu. Yang mau coba khasiatnya bisa cek di shopee: depeazwa, atau di tokped: makanterus.

3. YLEO THIEVES

Kalo ini oil untuk imune booster. Mami pakein 2-3x sehari ke anak-anak. Tiap abis mandi pagi, mandi sore, sama mau tidur malem. Kadang mami pakein pas mau pergi-pergian. Pokonya gak lupa deh pake ini buat ngejaga kondisi anak-anak. Aa dr sekolah suka bawa virus, adeknya suka jd kena. Makanya kudu dijaga bgt. Suka sekaliii sama thieves ini. Daya tahan tubuh anak-anak jadi oke.

Semoga aja dengan pake oil dan balsem ini bisa mengurangi kunjungan ke RS. Lelah sekali rasanya bolak balik RS. Ini salah satu ikhtiar mami utk ngejaga kondisi anak-anak.

Rabu, 03 Januari 2018

Resep MPASI: Bola Daging Saus Butternut Pumpkin

1/03/2018 0 Comments

Bola daging saus butternut pumpkin
Bahan:
100 gr daging sapi giling
1 sdm bawang bombay cincang
Sejumput garam
Sejumput pala bubuk
Butter
Puree butternut pumpkin

Cara membuat:
1. Campur daging, bawang bombay cincang, garam, dan pala bubuk. Buat bola daging
2. Panaskan butter. Masukkan bola daging. Masak sampai kecoklatan
3. Masukkan puree butternut pumpkin. Masak sabentar.

Resep MPASI: Sop Salmon Lobak (10m+)

1/03/2018 0 Comments
Sop Salmon Lobak (10m+)
Bahan:
🌱 Ikan salmon, lumuri dgn air jeruk nipis, diamkan 10 menit. Cuci bersih. Potong-potong
🌱 Lobak, potong-potong. Rebus sampai empuk, sisihkan
🌱 tofu, potong-potong
🌱 daun salam
🌱 sereh, geprek
🌱 minyak utk menumis
🌱 air secukupnya
🌱 garam gula (1th+) Bumbu halus: bawang putih, jahe

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan daun salam dan sereh
2. Tambahkan air, masak sampai mendidih
3. Masukkan ikan salmon dan tofu
4. Masukkan lobak, garam, gula. Masak sampai matang.

Resep MPASI: Semur Daging Tofu (12m+)

1/03/2018 0 Comments

Semur daging tofu (12m+)
Bahan:
πŸ‚ daging dapi beku, parut
πŸ‚ tofu, potong dadu kecil
πŸ‚ kentang, potong dadu kecil
πŸ‚ kecap (nafisa)
πŸ‚ garam gula secukupnya
πŸ‚ air secukupnya
πŸ‚ minyak utk menumis

Bumbu halus:
πŸ‚ bawang merah
πŸ‚ bawang putih
πŸ‚ jahe
πŸ‚ kemiri
πŸ‚ tomat

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan daging, masak sampai berubah warna
2. Tambahkan kentang, air, dan bumbu lainnya
3. Masak sampai kentang empuk, lalu masukkan potongan tofu
4. Masak sampai matang

Resep MPASI: Tumis Salmon Oregano

1/03/2018 0 Comments

Tumis Salmon Oregano
Bahan:
🐟 ikan salmon
🐟 brokoli, cincang, rebus sebentar
🐟 bawang bombay cincang
🐟 butter
🐟 oregano
🐟 jeruk nipis

Cara membuat:
1. Lumuri ikan salmon dgn air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Lalu cuci bersih dan cincang ikan
2. Panaskan butter, masukkan bawang bombah. Tumis sampai harum
3. Masukkan ikan salmon, masak sampai berubah warna
4. Tambahkan brokoli yg sudah direbus. Tambahkan oregano
5. Masak sampai matang
.

Resep MPASI: Sup Ayam Telur

1/03/2018 0 Comments

🐣Sup ayam telur🐣

Bahan:
Bawang bombay, cincang
Wortel, parut
Daging ayam giling
Telur ayam, kocok lepas
Daun bawang, iris tipis
Tomat, potong dadu
Minyak utk menumis
Air
Garam gula

Cara membuat:
1. Tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan daging ayam. Masak sampai berubah warna
2. Tambahkan wortel, daun bawang, dan tomat. Masukkan air
3. Saat air mendidih masukkan kocokan telur, aduk
4. Tambahkan garam dan gula. Masak sampai matang

Resep MPASI: Bola Ayam Saus Tomat (11m+)

1/03/2018 0 Comments
🐣 Bola ayam saus tomat (11m+) 🐣
Bahan:
🐀 daging ayam giling
🐀 bawang putih, haluskan
🐀 bawang putih, cincang
🐀 bawang bombay, cincang
🐀 tomat, cincang
🐀 garam, gula, dan merica (under 1y skip)
🐀 pala bubuk
🐀 air kaldu
🐀 minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Didihkan air. Campur daging ayam giling, bawang putih halus, sedikit garam dan merica. Buat bola-bola lalu rebus sampai matang. Sisihkan
2. Tumis bawang putih dan bawang bombay. Masukkan potongan tomat, tambahkan sedikit air kaldu
3. Masukkan bola ayam, garam, gula, dan pala bubuk. Masak sampai matang.
.

Resep MPASI: Tumis Udang Campur (1y+)

1/03/2018 0 Comments
Tumis udang campur
Bahan:
Udang, cincang
Kembang kol, cincang
Wortel, potong dadu kecil
Tahu putih, cincang
daun bawang, iris tipis
Duo bawang, cincang
Minyak wijen
Minyak sayur
garam dan gula
Air secukupnya

Cara membuat:
1. Kukus kembang kol dan wortel. Sisihkan
2. Panaskan minyak wijen dan minyak sayur, masukkan duo bawang. Tumis sampai harum
3. Masukkan udang, masak sampai berubah warna
4. Masukkan sayur yang sudah dikukus, tahu, daun bawang, garam, gula, dan air secukupnya
5. Masak sampai matang
.
Untuk nasi lembeknya, mami bikin dr nasi teus mami tambahin kaldu udang, kukus deh sampai kaldunya meresap.

Resep MPASI 12 Bulan

1/03/2018 0 Comments
Yeaay alhamdulillah adek Keana udah mulai membaik napsu makannya. Jadi mami bisa bikin macem-macem deh. Nanti bakal mamai posting yang cara mami ngadepin GTM Keana yang berkepanjangan itu.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Abon ayam homemade ala @mamakokihandal
Bahan:
150 gr daging dada ayam (bisa juga diganti daging sapi giling has dalam atau fillet ikan tuna)

Bumbu Halus:
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 potong kemiri
2 sdm kecap manisunsalted butter atau minyak untuk menggoreng
garam dan gula secukupnya

Cara Membuat:
1. Kukus dahulu daging, lalu suwir-suwir halus
2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daging, kecilkan api, aduk rata sampai daging kering dan berwarna kecoklatan
3. Simpan dalam wadah tertutup rapat

Mami halusin lagi si abonnya pake chopper
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Asam-asam daging sapi
Bahan:
Daging sapi beku, parut
wortel, potong dadu kecil
Jamur merang, cincang
tomat, cincang kasar
daun jeruk
Sedikit jahe
Minyak sayur
Air
Garam (under 1y skip)

Bumbu halus:
1 btr bawang merah
1 siung bawang putih

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan daun jeruk dan jahe
2. Masukkan daging sapi, masak sampai berubah warna
3. Masukkan jamur, wortel, tomat, dan air. Masak sampai tomat sedikit hancur
4. Tuang masakan ke dalam slowcooker. Masak selama 1,5 jam. Terakhir tambahkan sejumput garam.
.
Makan dengan bubur atau nasi lembek yaa.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Soto Hati Ayam
Bahan:
Hati ayam
Daun salam
Sereh
Lengkuas
Daun jeruk
Kentang, potong dadu kecil
Tempe, potong dadu kecil
Daun bawang, iris tipis

Bumbu halus:
Bawang merah
Bawang putih
Ketumbar bubuk
Jahe
Kunyit
Kemiri

Cara membuat:
1. Rebus hati ayam dgn salam, sereh, lengkuas. Angkat, Sisihkan
2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan salam, sereh, lengkuas, daun jeruk
3. Masukkan hati ayam, tempe, dan kentang. Masak sampai sayur matang
4. Masukkan potongan daun bawang. Masak sampai layu
5. Sajikan dengan bubur atau nasi lembek.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ikan Kukus Jahe
Bahan:
1 ekor ikan bawal
1 siung bawang putih, cincang
Jahe, cincang
1/2 sdt kecap asin
40 ml air
Jeruk nipis
1 btg daun bawang iris tipis
1 sdt minyak sayur

Cara membuat:
1. Lumuri ikan dgn air jeruk nipis. Diamkan 10 menit. Cuci bersih
2. Taruh ikan di wadah tahan panas
3. Campur jahe, bawang putih, kecap asin, air. Tuang di atas ikan
4. Kukus selama 15 menit
5. Panaskan minyak, siram di atas ikan. Taburi dgn daun bawang
6. Kukus lagi sebentar. Angkat. Sajikan
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nasi Tim Ayam Jamur Kuping
Bahan:
Beras
Daging ayam giling
Jamur kuping, cincang
Wortel, cincang
Jagung semi, cincang
Bawang putih, cincang
Garam (under 1y skip)
Kecap (under 1y skip)
Air kaldu
Minyak sayur

Cara membuat:
1. Masak beras dengan air kaldu sampai menjadi aron.tekstur disesuaikan ya. Sisihkan
2. Tumis bawang putih, masukkan daging ayam cincang. Masak sampai berubah warna
3. Masukkan wortel, jagung semi, dan jamur kuping
4. Tambahkan garam, kecap, dan sedikit air kaldu. Masak sampai kaldu meresap
5. Tuang tumisan ayam jamur ke dalam wadah tahan panas. Taruh nasi aron di atasnya. Tuang sedikit air kaldu
6. Kukus selama 30 menit
 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kaserol nasi - 1y
Sumber: buku mpasi 2in1 cihuy! @mamakokihandal

Bahan:
6-8 sdm nasi pulen
1 btr telur, kocok lepas
Keju parut secukupnya
50 gr daging sapi cincang
1 bh wortel, parut
2 bh buncis, iris tipis
3 kuntum kembang kol, cincang
1 kuning telur campur dgn 3 sdm air matang
Garam dan nerica secukupnya
Mentega utk olesan mangkuk
Minyak utk menumis

Bumbu halus:
1 siung bawang putih
1 sdt bawang bombay cincang
1 btr Kemiri

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan dagung, masak sampai berubah warna. Tambahkan sayuran. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Masak sampai sayuran setengah matang
2. Dalam wadah campur telur, nasi, dan keju parut. Aduk rata
3. Olesi mangkuk tahan panas dgn mentega. Taruh tumisan di dasar mangkuk. Taruh nasi di atasnya. Taruh lagi tumisan dan tutup dengan nasi. Olesi dengan kuning telur
4. Panggang sampai matang

Resep MPASI 11 Bulan

1/03/2018 0 Comments
 Bukan berarti gak masak untuk adek ya cuma share dua resep doang. Hehehe. Karena menunya ya gitu-gitu aja jadi ga di share resepnya. Hehehehe.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Resep Soto Bandung Slowcooker

Bahan:
50gr daging sapi giling, blansir
Lobak secukupnya, potong sesuai selera, blansir
1 btg daun bawang, iris tipis
1 btg serai, geprek
Air secukupnya
Minyak sayur

Bumbu halus:
2 btr bawang merah
1 siung bawang putih
Sedikit jahe

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai harum, sisihkan
2. Masukkan daging sapi yang sudah diblansir dan air ke dalam slow cooker
3. Masukkan bumbu halus dan serai. Masak selama 3 jam
4. Lalu masukkan lobak dan daun bawang. Masak lagi sampai 1 jam.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nasi Lembek Bayam Merah 
tumis bawang putih dan daging ayam cincang 
masukkan 1/2 centong nasi dan 100-120ml air. Masak sampai air tinggal sedikit 
masukkan cincangan bayam merah dan cincangan egg tofu. Masak sampai air kering 
tekstur disesuaikan. Kalau kurang lembek tambah air lagi

Resep MPASI 10 Bulan

1/03/2018 0 Comments
Masih GTM gak? Masih. Tapi gak separah kemaren-kemaren. Entah kenapa adek Keana ini napsu makannya kurang oke. Mungkin dia bener-bener bukan tipe anak yang doyan makan. Makan kalo laper dan kalo lagi mau aja jadinya.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Butternut pumpkin mini pancake
Source: Buku #99RRC @mamakokihandal
Bahan:
3 sdm puree butternut pumpkin
2 sdm oatmeal
1 btr kuning telur
Unsalted butter

Cara membuat:
1. Campur semua bahan kecuali unsalted butter. Adonan kental ya
2. Panaskan unsalted butter. Tuang adonan. Masak sampai kedua sisi kecoklatan
* bisa ditambahkan saus buah kesukaan



-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nasi tomat keju ayam (untuk 2 porsi Keana)
Bahan:
3 sdm beras, cuci bersih
1 bh tomat merah, buang biji potong-potong
1 siung bawang putih, cincang
1 sdm bawang bombay cincang
1-2 sdm daging ayam cincang
Keju parut secukupnya
Air kaldu secukupnya
Minyak utk menumis

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
2. Masukkan daging ayam cincang, masak sampai berubah warna.
3. Tambahkan tomat dan sedikit air kaldu. Masak sampai tomat hancur
4. Masukkan beras dan air kaldu. Masak sampai menjadi nasi aron yg lembek
5. Terakhir masukkan keju parut, aduk rata. Sisihkan kulit tomat.
6. Taruh nasi aron di wadah tahan panas. Kukus selama selama 20 menit.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sup Bola ayam Jamur Soun 9m+
Source: buku #99RRC @mamakokihandal @depezahrial
Bahan bola ayam:
250 gr dada ayam, guling
jamur kuping, cacah halus
Soun secukupnya, rebus sampai empuk, cincang halus
1 siung bawang putih haluskan
1 sdt tepung sagu

Kuah sup:
2 siung bawang putih. Cincang halus
1 sdt minyak wijen
1 sdt minyak sayur
Air secukupnya
2 bh wortel, potong-potong
1 btg daun bawang potong-potong

Cara membuat:
1. Didihkan air
2. Tumis bawang putih cincang dengan campuran minyak wijen. Tuang ke dalam air
3. Bola ayam: Campur semua bahan menjadi satu. Bentuk bola-bola dan cemplungkan ke dalam air yang sudah mendidih
4. Tambahkan wortel dan terakhir daun bawang.
5. Masak sampai matang.

Selasa, 02 Januari 2018

Resep MPASI 9 Bulan

1/02/2018 0 Comments

Untuk Resep MPASI 9 bulan gak banyak yang dishare. Karena ini lagi masa-masanya Keana susah banget makannya. Kadang malah gak makan dalam sehari. Masa-masa terberat. Hiks.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bola nasi daging

Parut daging beku
tumis bawang putih dgn minyak sampai harum
masukkan daging, masak sampai berubah warna
Tambahkan air secukupnya
Masak sampai air habis
Campurkan dgn nasi lembek lalu buat bola-bola






---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Perkedel kentang sapi

Bahan:
1 bh kentang ukuran sedang, kukus, haluskan
1 bh wortel ukuran kecil, kukus, haluskan
Daging sapi beku, parut
1 siung bawang putih, parut
Air secukupnya
Ub/minyak sayur utk menumis
Keju parut secukupnya
1/2 btr kuning telur

Cara membuat:
1. Panaskan ub/minyak, tumis bawang putih. Masukkan daging, tumis sampai berubah warna. Tambahkan sedikit air. Masak sampai air habis. Sisihkan
2. Campur semua bahan, aduk rata. Buat bulatan
3. Panggang selama 10 menit
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tahu Bulat
Source: @mpasibayi dgn sedikit modifikasi
Bahan:
1 bh tahu, haluskan
Beberapa lembardaun bayam, cincang halus
Daging sapi beku, parut
Keju parut secukupnya
1/2 kuning telur
Cara membuat:
1. Campur semua bahan
2. Bentuk bulat-bulat lalu kukus 20 menit



 

Follow Us @soratemplates