Rabu, 26 Oktober 2016

# ASI # cerita keana

Cerita Menyusui Keana


Setiap anak punya ceritanya sendiri. Begitu juga dengan cerita menyusui Kenzie dan Keana. Mami pernah nulis tentang perjuangan menyusui Kenzie. Yang mau baca boleh klik disini. Sedikit flashback tentang menyusui Kenzie, ternyata menyusui itu bukan hal yang mudah buat mami saat itu. Butuh perjuangan luar biasa untuk akhirnya bisa dengan lancar menyusui Kenzie.  Kenzie yang kuning dengan bilirubin tinggi bikin Kenzie jadi tidur terus. Newmom yang belom ada pengalaman ga telaten untuk mimiin Kenzie yang harusnya 2 jam sekali. Ditambah Kenzie akhirnya pakai sufor yang pasti medianya menggunakan dot bikin Kenzie ngamuk kalo mimik langsung ke payudara. Kenapa? Karena aliran ASI di payudara ga sekenceng aliran susu dari dot. Saat itu ASI mami jadi seret karena teralu stress ngadepin semuanya. Biar Kenzie bisa lepas ASI itu butuh perjuangan, yang untungnya perjuangan itu gak lama. 

Beda dengan Keana. Dari hari pertama Keana udah pinter banget menghisap puting. Hisapannya kuat banget. Walopun ASI belum banyak keluar tapi mami selalu sodorin ke Keana tiap 2 jam sekali. Mami sama papi pas masih di RS tiap 2 jam pasti usaha banget buat bangunin Keana. Takut kan mami Keana bakal kaya Aa Kenzie bilirubinnya tinggi karena kurang asupan ASI nya. Pas Aa mah baru keluar hari ke 3. Hari ke 2 ASI mami udah mulai keluar tuh, keana mimiknya pinter. Tapi karena pelekatan yang belum bener bikin puting mami sampe lecet berdarah. Ditambah pas nyusuin perut mami berasa sakit. Kalo gak salah hisapan mulut bayi pas lg nyusu itu bikin kontraksi dan membantu proses pengecilan rahim. Bener gitu bukan? CMIIW yaa.. Jadi perjuangan banget deh pas nyusuin itu. Nahan sakit puting iya, nahan sakit di perut juga iya. 

Di hari ke 3 ASI mulai banyak, tandanya payudara mami mulai bengkak. Tapi karena Keana masih susah dibangunin dan mimiknya cuma sedikt jadinya payudara mami bengkak terus. Kenceng, ngebatu. Mami massage payudaranya dan mami pompa, tapi yang keluar cuma dikiiit. paling byk 50 ml.


Papi yang cuciin breastpump nya tiap mami beres pumping. Keana bobok mami pumping, trus pas jamnya nyusu bangunin Keana dan langsung nyusuin. Gitu aja terus selama semingguan. Nyut-nyutann itu loooh pas bengkak. Beuuuh. Makanya kudu dipompa buat ngurangin bengkaknya. Alhamdulillah sih dapet nyetok 5 botol lah. Isinya 30 -60 ml. Seneng juga Keana jadi dapet kolostrum. Akhirnya drama bengkak payudara berakhir juga beberapa hari kemudian karena Keana makin sering mimik dan mulai banyak mimiknya.

Pas umur seminggu kan kontrol, eh beratnya Keana naik doooong. Berat lahir 2,8kg. Pas pulang dari RS beratnya 2,7kg. Umur seminggu 3,1 kg. Yeaaaay. Mami berhasil nyusuin adek. Gak sia-sia mami tiap 2 jam sekali bangunin adek. Hehehe. Dan yang paling mami seneng lagi Keana gak kuning. Ga perlu deh tuh yang namanya disinar-sinar kaya Aa. Alhamdulillah ya Allah.

Pas umur 3 minggu waktunya Keana imunisasi, daaan berat Keana udah 3,8kg!! Wow luar biasa banget adeeek. Gimana ga cepet naik ya dek kerjaannya cuma  mimik sama bobo doang hehehe. Sebenernya sih mami sempet khawatir sama adek karena dia sering banget gumoh. Malah muntah juga. Banyak yang keluarnya. Huhuhu. Tapi setelah mami tanya ke dokter katanya gapapa selama berat badannya naik.

Sekarang adek udah terbiasa tiap 2-3 jam pasti minta mimik. Kalo malem pun dia minta. Ngerengek gitu trus dikasih mimik langsung bobo lagi.

Di umur 42 hari berat adek udah 4,6kg. Alhamdulillah ya Allah mami berhasil ngASI selama 1 bulan ini. Semoga ASI nya selalu cukup untuk Keana biar tiap bulannya berat Keana naik. Liat deh pipi tembemnya Keana, minta digigit. Hehehehe.
 


Pas 1 bulan pertama, kenaikan berat badan Kenzie sedikit bangeeet. Umur seminggu aja banyak banget turunnya. Ya itu karena dia kuning dan mami ga telaten untuk nyusuin tiap 2 jam. Makanya Keana berta badannya naik banyak kaya gini mami seneng banget. Makin semangat nyusuinnya. Makin yakin kalo ASI mami cukup untuk Keana. 
Ada yang nanya ke mami gimana caranya biar ASI nya banyak, Keana jadi gendut gitu. Mami sih cuma ngerasa yakin aja kalo mami harus nyusuin Keana, ASI untuk Keana cukup. Terus kalo dari makanan, mami ga pantang makan apa-apa. Apa yang mami kepengen makan ya mami makan. Kalo gitu kan jadi napsu makannya, perut kenyang, hati bakal senang kan. Hahahaha. Dan juga nih walo mami sebenernya stress dan super cape ngurus rumah plus dua anak tapi mami tetep berusaha happy. Mami ga mau stress trus bikin ASI jadi seret. Duh gak mau deh terulang lagi kaya waktu dulu. Huhuhu.

Bisa dbilang proses menyusui Keana selama 1 bulan ini jauuuh lebih mudah dibandingkan waktu Kenzie di sebulan pertamanya. Belajar dari pengalaman, mami ga boleh males nyusuin, harus dirangsang terus produksi ASI nya. Alhamdulillah semuanya membuahkan hasil. Makasih banget ya Allah proses menyusui Keana dimudahkan. Semoga mami bisa lancar menyusui Keana sampai 2 tahun. Semoga ASI mami bikin Keana jadi anak yang sehat dan cerdas. Aamiin.

Buat mami menyusui itu butuh perjuangan dan juga butuh ilmunya. Jadi buat yang lagi hamil jangan ragu untuk belajar, mencari info seputar menyusui. Buat busui yang lain semangat ya ngASI nya. Menyusui dengan keras kepala kalo kata AIMI ASI mah.


1 komentar:

 

Follow Us @soratemplates