Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 10: Oseng Kikil Tempe Cabai Hijau + Krecek Oncom

July 8, 2014

Ya beginilah makana favorit saya. Makanan warteg. Hahaha. Kalo makan yang kaya gini tuh bawannya napsu makan banget. Pengennya nambah terus. Sayur asem, ikan asin, sambel, ah udah deh itu mah favorit banget. Hihihi. Jadi ya seringnya masak yang makanan kaya begini deh. Jarang bikin seafood gitu atau yang kebarat-baratan πŸ˜€

Bener aja kan makan oseng kikil sama krecek oncomnya ga bisa sekali. Pake nasinya banyak pula. πŸ˜€
Resep Oseng kikil tempe cabai hijau saya dapet dari www.diahdidi.com
Bahan :
* 250 gram kikil sapi
* Tempe 200 gram, potong kotak2 kecil, goreng hingga matang, tapi jangan sampai kering.
* 2 lembar daun salam
* 2 cm lengkuas, geprek
* 2 cm jahe, geprek
* 1 1/2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
* 1 sendok teh gula merah.
* 1 sendok teh terasi
* 1 sendok teh  garam secukupnya
* 1/2 papan pete, belah dua (saa gak pake karna ga suka pete) πŸ˜€
* 6 buah bawang merah, iris tipis
* 4 siung bawang putih, iris tipis
* 10 buah cabai rawit hijau, iris tipis
* 15 buah cabai hijau, iris tipis
Cara membuat :
– Rebus kikil dengan jahe, lengkuas dan daun salam hingga matang dan empuk. Potong2 kotak kecil.
– Tumis bawang merah dan bawang putih hingga  harum, masukkan terasi dan cabai, tumis kembali hingga matang dan harum, 
– masukkan sedikit air kira2 200 ml, dan bumbu2 lain. 
– Masukkan kikil dan tempe , masak hingga meresap. Koreksi rasa sebelum di angkat. 
– Sajikan hangat.
Oseng Kikil Tempe Cabai Hijau
Kalau resep krecek oncomnya sih ala ala saya. Hihi. 
Bahan:
* 1 papan tempe, remas, hancurkan
* 4 btr bawang merah, iris
* 2 siung bawang putih, iris
* 1 bh cabai merah besar, iris
* 6 bh cabai rawit, iris
* 1 btg daun bawang, potong-potong
* 1 genggam daun kemangi
* garam dan gula secukupnya
* minyak untuk menumis
Cara Membuat:
* Tumis bumbu-bumbu sampai harum
* Masukkan oncom, daun bawang, dan daun kemangi
* Tambahkan garam dan gula, aduk rata
* Masak sampai matan

Krecek Oncom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *