Rabu, 14 Maret 2012

# aimi_asi # ASI

Breastmilk Jaundice (Sakit Kuning Karena ASI)

Ya.. Sudah 24 hari usia Kenzie. Tapi saya masih harus melihat matanya yang kuning. Memang badannya sudah tidak kuning, tapi matanya masih terlihat kuning. Sebenarnya sedih sekali saya ketika melihat matanya. Tapi begitu melihat senyumnya saat kami saling berpandangan membuat saya merasa bahagia. Kenzie selalu menghibur saya dengan senyumnya.

Hari Sabtu kemarin (10 Maret 2012), saya mengunjungi dokter anak untuk konsultasi mengenai keadaan Kenzie. Yang paling pertama saya tanyakan adalah tentang penyakit kuningnya. Dokter bilang keadaannya sudah baik. Kuning yang ada di daerah kepala sampai leher akan hilang dalam waktu 1 bulan. Oke, saya tenang karena dokter mengatakan hal itu. Selain itu, dokter bilang saya harus tetap memberikan ASI, tidak perlu tambah sufor. Malah saya diberitahu bagaimana caranya agar ASI lebih banyak.

Tapi, ketika saya sedang berduaan dengan Kenzie dan lagi-lagi ketika menatap matanya, saya merasa galau lagi. Apa benar keadaan Kenzie bener-benar sehat? Apa tidak terlalu lama Kenzie mengalami sakit kuning?
Saat-saat seperti ini saya membutuhkan orang-orang yang bisa mendukung saya secara psikis. Menyemangati saya, membuat hati saya tenang. Lalu teman saya menghubungi lewat BBM, dia menceritakan temannya ada yang mengalami hal yang sama seperti saya. Ia mengalami Breastmilk Jaundice. Bayinya mengalami kuning dan menurut cerita ASI nya tidak cocok untuk bayinya. Namun, dia berpikir "saya yakin Allah Swt tidak akan menciptakan ASI jika ASI berbahaya untuk bayi, maka saya bertekad terus memberikan ASI, dengan resiko harus bersabar melihat kuning pada bayinya selama 7 minggu". Dan akhirnya, karena tekadnya yang kuat dengan menyusui bayinya setiap 2 jam sekali, bayinya sembuh dari sakit kuning.

Memang benar, Allah telah menciptakan ASI dengan sedemikian rupa kandungannya yang pasti akan menyehatkan bayi.Cerita itu tentu menjadi penyemangat saya. Saya harus bisa seperti dia. Tetap kuat melihat anak yang kuning dan tetap menyusuinya dengan ASI tentunya bukan sufor, walaupun Kenzie sudah minum sufor uuntuk beberapa waktu. 


Saya berpikir, apa mungkin saya mengalaim Breastmilk Jaundice? Mungkin. Lalu saya mencari tahu tentang hal tersebut. Saya menanyakan hal tersebut di twitter kepada @aimi_asi dan @ID_AyahASI . Lalu, saya diberi link website yang menjelaskan tentang Breastmilk Jaundice.

Berikut penjelasan mengenai Breastmilk Jaundice yang saya kutip dari :

@ID_AyahASI: Ada juga yang disebut dengan Breastmilk Jaundice,ini disebabkan karena bilirubin yg telah diolah susu terserap kembali oleh tubuh
@ID_AyahASI: Untuk mendiagnosa hal ini, bayi paling tidak sudah berusia satu minggu, bayi yg alami ini biasanya alami juga penyakit kuning fisiologis berlebihan
@ID_AyahASI: Bayi harus mengalami kenaikan berat badan yang baik, hanya dengan menyusu, buang air besarnya banyak dan sering, urinnya jernih, dan secara umum dalam keadaan baik
@ID_AyahASI: Breastmilk jaundice mengalami puncaknya pada hari ke 10-21, namun dapat berlanjut hingga dua sampai tiga bulan
@ID_AyahASI: Breastmilk jaundice merupakan sesuatu yang normal. Jarang, kalaupun pernah, yang menyebabkan menyusui harus dihentikan.
@ID_AyahASI: Sangat jarang dibutuhkan perawatan apapun, seperti fototerapi. Menyusui seharusnya tidak dihentikan “untuk menentukan diagnosis”
@ID_AyahASI: Jika bayi benar-benar dalam keadaan baik dengan menyusu saja, tak ada alasan apapun untuk menghentikan menyusui
@ID_AyahASI: Bayi yang TIDAK SERING MINUM ASI dapat mengalami gejala ini, maka penting sekali untuk sering-sering menyusui BBL (minimal 8-12x dalam 24 jam)
@ID_AyahASI: Itu kenapa disebut Breastmilk Jaundice karena umumnya disebabkan karena Bayi Kurang Minum ASI
@ID_AyahASI: Ketika bayi mendapatkan sedikit ASI, buang air besar cenderung menjadi sedikit dan jarang
@ID_AyahASI: Itu krn bilirubin di usus bayi terserap kembali ke dalam darah dan bukannya dibuang saat buang air besar
@ID_AyahASI: Sudah jelas, cara terbaik untuk mencegah “sakit kuning karena tidak mendapat cukup ASI” adalah dengan mulai menyusui dengan benar
@ID_AyahASI: pendekatan awal untuk bayi sakit kuning krn tidak cukup ASI bukan dgn hentikan bayi menyusu dan kemudian kasih Sufor
@ID_AyahASI: kalo sakit kuning banyak dari bayi kita yang biasanya di kasih perawatan sinar Fototerapi (lampu bilirubin)
@ID_AyahASI: Fototerapi menyebabkan bayi membutuhkan lebih banyak cairan. meningkatkan frekuensi menyusui biasanya dapat menutupi kebutuhan cairan ini
@ID_AyahASI: jika bayi dirasakan membutuhkan lebih banyak cairan,menyusui saja,lebih baik ASI perah daripada diberi susu formula
@ID_AyahASI: jadi pastikan cara menyusui sudah benar, jangan ragu untuk bertanya ke dokter atau Konselor Laktasi
http://www.nbci.ca/index.php?option=com_content&view=article&id=355:breastfeeding-and-jaundice-indo&catid=29:information-indonesian&Itemid=67
Ada suatu kondisi yang biasa disebut breastmilk jaundice (sakit kuning karena ASI).  Tak ada yang tahu pasti penyebab breastmilk jaundice. Untuk mendiagnosa hal ini, bayi paling tidak sudah berusia satu minggu, yang menarik adalah, banyak bayi yang mengalami breastmilk jaundice juga mengalami kuning fisiologis yang berlebihan. Bayi harus mengalami kenaikan berat badan yang baik, hanya dengan menyusu, buang air besarnya banyak dan sering, urinnya jernih, dan secara umum dalam keadaan baik. 
Breastmilk jaundice merupakan sesuatu yang normal. 
Bagaimanapun, menurut pengalaman kami, sebagian besar bayi yang disusui secara eksklusif yang benar-benar sehat dan mengalami kenaikan berat badan yang baik masih mengalami sakit kuning pada lima sampai enam minggu pertama dalam kehidupannya, atau bisa lebih. Sebenarnya, seharusnya pertanyaannya adalah apakah normal atau tidak jika tidak sakit kuning dan apakah jika tidak sakit kuning ada yang perlu kita khawatirkan? Jangan berhenti menyusui, bagi bayi yang mengalami “breastmilk” jaundice.   
Sudah jelas, cara terbaik untuk mencegah “sakit kuning karena tidak mendapat cukup ASI” adalah dengan mulai menyusui dengan benar
Jika bayi menyusu dengan baik, menyusu lebih sering sudah cukup untuk menurunkan kadar bilirubin, meskipun sebenarnya tak ada yang benar-benar perlu dilakukan. Jika bayi menyusu kurang baik, membantu bayi melekat dengan lebih baik dapat membuat bayi menyusu lebih efektif dan mendapatkan lebih banyak ASI. Menekan payudara agar bayi mendapatkan lebih banyak ASI juga dapat membantu.
Saat-saat seperti ini saya membutuhkan banyak informasi. Saya sering bertanya pada teman dan mencari informasi lewat internet. Untungnya informasi yang saya dapatkan bisa membuat saya kuat dan tetap memberikan ASI untuk Kenzie.

Memang butuh kesabaran dan kekuatan hati dalam menjalani ini. Tapi saya yakin, saya bisa menjalani ini semua. Kenzie pasti akan sehat sebentar lagi. Kuningnya akan hilang. Amin.

Agar ASI lancar dan banyak, faktor psikis kita harus sangat diperhatikan. Hati dan pikiran kita harus senang dan tenang. Dijamin ASI akan banyak dan lancar. Tanamkan dalam pikiran kita kalau ASI kita banyak dan sehat. :)

Terima kasih @aimi_asi , @ID_AyahASI yang telah memberikan informasi yang sangat bermanfaat dan Teh Astri yang selalu memberikan semangat untuk menghadapi semua ini dan selalu menyemangati untuk ngasi ASI buat Kenzie.. Terimas kasih.. :)

43 komentar:

  1. Semangaaaat...

    InsyaAllah kenzie selalu sehat.. :-)

    BalasHapus
  2. amiiiin.. terima kasih papi :) doain Kenzie dan semangatin mami terus yaaaa... :*

    BalasHapus
  3. akhirnya ada tulisan yg menyejukan hati saya, dan membuat saya semangat, karena sudah usia 2minggu bayi saya masih agak kuning, saya sudah agak tegang ngadepinnya, krn kata dokter kalo kuning agak lama lbh dr 2m takut ada indikasi ke empedu, tapi gejala2nya tidak ada pada anak saya, kalo ada indikasi ke empedu bab-nya b'warna putih, pucat, spt dempul, pipisnya jg pekat, klo anak saya, pipisnya sering jernih bab-nya b'warna kuning bagus, tp karena takut saya kasih sufor jg, dan bab-nya 1x sehari, mgkn ini jg yg menyebabkan kenapa kuningnya lama, krn bab-nya gak sering, trus karena stress asi saya kurang banyak produksinya...thanx ya mom, saya jadi semakin semangat u/ kasih asi, klo bisa tolong share ya ke fb sy klara.stella23@gmail.com sampai brp lama baby-nya kemaren agak kuning, trus gimana supaya asi kita lancar thanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah ngirim message ke fb ya mom :)

      Hapus
    2. blm masuk bund, akhirnya bayiku sudah terlihat putih bersih, n saya sudah tenang sekali.

      Hapus
  4. Alhamdulillah, akhirnya ada tulisan dari mom kenzei yg menenangkan hati..nama anak sy kenjiro sudah 32hr dan sy sedih setiap pagi masih melihat matanya kuning, daerah kepalanya juga kuning & badannya masih kuning..yg tidak hanya kaki & tangan

    Sblmnya sempat deg"an & stress karna sudah 2x pertemuan imunisasi ken gagal imunisasi..bidannya bilang "klo masih kuning gak bisa imunisasi bu" :( sungguh sedih
    Tp dari lahir dng berat 3kg dalam kurang dari 1bulan berat ken sudah 4kg, enennya rampus, BAB nya sering & warnanya kuning (sy sampe baca artikel ttng BAB normal bagi bayi), air seninya pun jernih..

    Yg sy mu tau mom kenzei jd mengalami yg sama gak? Gak boleh imunisasi? Sy kok jd masih galau (´̯ ̮`̯ )>

    Kmrn ke dokter anak disuruh cek bilirubin (kasian ken diambil darahnya dari selangkangan :'( sampe jerit-jerit) tp alhamdulillah hasilnya bilirubin direct & indirectnya 7 kata dokter dibatas normal..jd terus diberi ASI aja

    Mudah"an baby ken cepet sehat..kuningnya cepat hilang dan Allah memberikan yg terbaik untuk kesehatannya.. Aamiin YRA

    Mksh ya tulisannya sangat membantu menenangkan..share dong gmn caranya asinya tetep deres hehehehe

    Semoga momie" dimanapun yg mengalami hal yg sama tidak pantang menyerah dan terus memberikan ASI sebagai makanan terbaik bagi anak kita :)

    BalasHapus
  5. Kalau msh kuning emng blm boleh imunisasi mama.. sabar ya ma.. semog ken cpt seht..
    Bagus dong penmbahan bb ken. Anakku dl naiknya dikit bgt, ga sampe 500gr. Susui terus ya..
    Emang kasian bgt liat anak diambil darahnya.kok itu dimbilnya di selangkngan ya?serem bgt.. kenzie sih diambil darahnya di kaki atau tangan..

    Aku sih biar asi byk ngelakuin byk hal mama. Rajin jalan2, makan enak, yg paling penting yakin klo asi kita byk.

    Semangat ya mama. Salam utk kenjiro...

    BalasHapus
  6. halo.... kuning dimatanya berapa lama hilangnya ya?

    BalasHapus
  7. Kenzie sampai 1 bulan masih kuning mama...

    BalasHapus
  8. babyku 28 hari juga matanya masih kuning, padahal ini anak ku yang kedua, anak pertama tidak mengalami breastmilk jaundice. sedih ya mama, lihat mata polosnya berwarna kuning. malah dsanya juga sempat menyarankan untuk campur sufor, untung tidak ku lakukan. aku masih yakin asiku yang terbaik. mudah2an bayiku cepat pulih. amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. semoga cepet pulih ya ma.. emang sedih banget liat matanya kuning.. bb nya juga sedikit naiknya. kalo aku pk sufor mah biar cepet turun kuningnya dan biar bb nya cepet naik..

      Hapus
  9. subhanalloh akhirnya sy dapat info di sini.anak saya usia sebulan lebih dan msh kuning.susah sekali mbangunin dr tidurnya.katanya bayi kuning mmg suka tidur dn mengantuk.sy baca banyak artikel ttg bayi kuning hadeh kadang terteror krn ada yg smp transfusi dll.penyebabnya ada macammacam.stlh ke dsa dicek darah enzim dll diagnosanya breastmilk jaundice.sempat terpikir krn rhesus sy negatif atau beda gol darah tp bukan.fiuhhh...bunda sy berdoa agar kuning di wajah dn badannya cepat hilang.bilirubin nya enam koma tujuh turun sedikit dr minggu sblmnya yaitu delapan.bun apakah anak bunda jg sulit bangun dn sampai minggu e berapa???makasih bunda

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbaaak.. anakku sih cuma sampai umur 1 mingguan susah dibanguninnya. kesananya sih sering melek. tapi karena BMJ dan beda golongan darah jadinya bilirubinnya masih tinggi. Nilai bilirubinnya sudah rendah mbak segitu mah. Kenzie masih 9 atau 8, saya lupa. Disinar atau ngga mbak? Anakku terakhir di umur 1 bln setelah itu kuningnya hilang.

      Hapus
  10. mbak mau tanya.. skrg kenzie apa kabar?dah sembuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak lenny.. Kenzie alhamdulillah baik mbak. Sehat dan aktif :)

      Hapus
  11. Assalamualaikum mam salam kenal...saya saat ini mengalami hal yang sama...anakku mengalami breastmilk jaundice.sekarang sdg di fototerapi dan harus berhenti diberi asi untuk sementara.jujut saya ga bisa berhenti menangis karena anak saya hrs dikasih sufor.padahal asi saya banyak.apa betul breastmilk jaundice akan sembuh dengan kita memberikan asi terus????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikjm salam. Pertama saya mau bilang mbak harus semangat. Sedih pasti, tapi kita tetep harus semangat.. Menurut info yang saya dapat sebenernya gak apa-apa dengan minum asi terus. tapi karena saya pengen kenzie cepet hilang kuningnya dan saat masa-masa itu asi saya sedikit karena stress. setelah foto terapi yang ketiga kalinya, akhirnya kuningnya hilang. Dari situ saya mulai mengurangi pemberian sufor. butuh perjuangan karena asi saya masih sedikit. setelah itu akhirnya full asi dan kenzie gak kuning lagi.

      kalau memang mbak yakin dengan hanya memberikan asi saja silahkan tapi sepertinya prosesnya akan lama. Walaupun dibantu dengan sufor lebih baik ASI yang lebih banyak.

      Semangat ya mbak... Semoga bilirubinnya segera normal. Dan bisa full ASI nantinya...

      Hapus
  12. Apakah breastmilk jaundice akan sembuh dengan sendirinya sampai anak usia 3 bulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang seperrti itu mbak. tapi saya hanya sebulan saja. Karena dibantu fototerapi dan pemberian sufor sementara. Kenzie kuning juga kan karena perbedaan golongan darah. Jadi banyak penyebab dia kuning.

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Saya mau tanya ma... Total fototerapi kenzie berapa jam ma?? Kalo anak saya sudah 2x24 jam.kmrn trun bilirubinnya tp masih terlihat kuning..
    Kalo boleh tau kadar bilirubin kenzie terakhir brapa ma??

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ga tau persisnya berapa jam. Tapi selama di fototerapi istirahatnya pas jam besuk aja. Kenzie 3x foto terapi selama sebulan.

      Terakhir itu bilirubinnya 10 ma...

      Hapus
  15. anak saya umur 3 minggu lebih tapi matanya masih kuning..
    ke dsa dan cek darah bilikrubinnya 12 mom :(
    asli, ketika semua org bilang kuning itu gpp nanti hilang2 sendiri, tapi saya sbg new mom ngga se enteng itu :(
    tiap nyusuin sy liat mata baby, sedih bgt.. sampe akhrnya sy tekat sendiri ke dsa kmrin.

    masih diberi obat puyer + vitamin mom :(
    katanya juga kuning karna asi.. saya sedih apa yang salah dr asi saya.. sdgkan sy gamau baby kemasukan sufor dulu..
    selama saya masih bisa kasih asi sebanyak2nya sy tetep asi, meskipun orgtua nyuruh sambil kasih sufor..
    baby sy rajin banget asi.. tiap 1-2jam sll bangun sendiri buat minta nyusu.. bahkan klo nyusu bisa 30-1jam mom
    bab + pipis jg bagus..tiap ganti pampers pasti ada bab nya.. dan warnanya juga kuning

    yg sy galauin , sampe kapan baby kuning mata nya :(
    sdgkan dsa nya blm saranin untk fototeraphy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbaaakk... semangat yaaa melewati ini semua... perjuangan banget yaa..
      selama asi mencukupi sebenernya gapapa untuk ga pakai sufor. tapi ya itu penyembuhan akan lama. saya pernah baca ada yang sampai 3 bulan mengalami breastmilk jaundice, tapi orang tuanya santai2 aja. Ada yang panikan kaya saya jadi sedikit2 ke dokter, fototerapi, dan pakai sufor biaya Kenzie cepet ilang kuningnya. semuanya balik lagi ke keputusan orang tuanya gimana.

      saran saya, sebaiknya cari 2nd opinion mbak. Karena kalau kuning yang terus menerus jangan didiamkan juga. gak cukup dengan jemur. terus cek ke dokter sampai ketemu penyebab kuningnya dan bisa langsung ditangani.

      Kalau saya udah pernah ngalamin hal kaya gini dan banyak kasus bayi kuning yang ternyata fatal akibatnya, saya ga akan tanganin hanya dengan jemur. harus dicek ke dokter.

      Smog baby nya sgera ilang ya kuningnya.. Aamiin

      Hapus
  16. Hai mam...anakku usia 18hri dy msih kuning..ini td d nytakan kuningny krna ASI ku atau breastmilk jaundice. sedih deh
    Aku hrs gmn ni mam hrus beli sufor atau tetep asi?
    Kt doktr sih asi aja..tpi baca2 d atas ada yg d hentikan asi ny ....
    Bilirubin ankku 9
    Kmrin sdah sempet sinar 1x24

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung ke keputusan orang tuanya mbak. Mau dibatu dengan sufor boleh, mau full asi pun boleh. kalo saya, tidak dihentikan asinya, tapi dibantu dengan sufor hanya untuk sementara.

      bilirubin 9 sih udah normal ya mbak. Semoga kuningnya cepat hilang yaaa...

      Hapus
  17. Mom,boleh liat foto kenzie waktu kuning ga?anak ku udh 6minggu kuning matanya blum jg hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga ada deh kayanya mom.. tapi yang pasti warna putih di bola matanya jadi kuning. kalo kulit sih ga begitu keliatan, mata yang paling keliatan...
      pas foto therapie yang umur sebulan 1x24 jam langsung ilang kuningnya. abis itu ga kuning-kuning lagi..

      Hapus
    2. Babyku udah fototerapi 1x24 jam jg waktu umur 25 hari,tp smpai skrg matanya koq masih kuning jg yaa..sedihh..hikss..pdhl dsa nya sndiri yg nyuruh boleh pulang,wktu otu bilirubinnya 11,7..tp smpai skrg kawanq msh kuning yaa..jd galau mom :(

      Hapus
    3. Coba cari 2nd opinian mom.. cek ke dokter lain.. Kalau saya waktu itu awalnya dibilang gapapa sama dokter A. akhirnya cek ke dokter B bilirubinnya 18, akhirnya fototerapi lagi. Menurut saya jangan dibiarkan, cari tahu penyebabnya apa dan cara penyembuhannya. Semangat ya mom. semoga cepat sembuh...

      Hapus
    4. Iya sih mom,mau cari 2nd op..kenzie emg dcmpur pke sufor merk apa mom?

      Hapus
  18. Terimakasih atas tulisan nya, ini yg selama ini saya cari untuk menenangkan hati dan jdi penyemangat! Sejujurnya saya sudah gelisah dengan anak saya yang kuning lbih dri 2 minggu, tp Qilla slalu aktif dn menyusu pun jga hebat !
    Sbagai orangtua baru, saya sangag butuh motivasi
    Dan tulisan anda sangat memotivasi saya dan jga bunda nya,
    Terimakasih :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalo tulisan saya bisa bermanfaat. Pasti bikin panik ya anak masih kuning untuk waktu yang agak lama. Yang penting kita harus cari tau penyebabnya apa. Semoga kuningnya cepat hilang ya.

      Hapus
  19. Thanks mom atas tulisannya. Baby sy umur 15 hr ad di fototerapi krn bilirubinnya 15, pas pulang 12. Skrg 25 hr tp msih kuning dan kmrn di cek trnyata bilirubinnya naik jd 16,5. Sedihhh bgt.. kmrn jg di cek fungsi hati dan darahnya, semuanya bagus. Tapi bilirubinnya tinggi bgt. Hrs brhenti asi tuk smntara ato terusin mom? Ap hrs di fototerapi lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mom, maaf baru bales. saya baru cek blog karena baru melahirkan 2 minggu yang lalu.

      menurut dokternya gimna mom? kalo disarankan untuk disinar, ikutin aja mom. 16,5 lumayan tinggi soalnya. Untuk pemberian asi atau sufor itu balik lagi ke mom sendiri. selama asi mencukupi sih ga perlu sebenernya mom.

      Sehat selalu ya untuk si kecil. semoga bilirubinnya cepet turun. aamiin..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  20. Mbak, kmrn waktu bayinya kuning itu, tetap diimunisasi ga ya? Ini anak sy jg sdh 18hari warna putih matanya kdng agak kuning, kdng agak jernih walopun msh kekuningan pucat. Tp kmrn sdh diimunisasi waktu umur 7hari. BAB nya skrg sekali sehari tp bnyk bgt, ampe keluar dr pampers dan warnanya kuning kecoklatan. Pipisnya jg kdng jernih kdng kuning muda. Cm mata dan diwajahnya msh ada semburat kuning. Kl badannya seh ga. Dulu anaknya mbak, kuningnya diwajah aja atau sampai ke badan?

    BalasHapus
  21. Mbak, kmrn waktu bayinya kuning itu, tetap diimunisasi ga ya? Ini anak sy jg sdh 18hari warna putih matanya kdng agak kuning, kdng agak jernih walopun msh kekuningan pucat. Tp kmrn sdh diimunisasi waktu umur 7hari. BAB nya skrg sekali sehari tp bnyk bgt, ampe keluar dr pampers dan warnanya kuning kecoklatan. Pipisnya jg kdng jernih kdng kuning muda. Cm mata dan diwajahnya msh ada semburat kuning. Kl badannya seh ga. Dulu anaknya mbak, kuningnya diwajah aja atau sampai ke badan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk imunisasi ada yang ditunda mbak karena kuning itu. cuma saya lupa imunisasi apa kalo gak salah sih polio deh. kalo badan saya gak terlalu ngeuh dengan warna kuningnya. yang paling ketara itu di matanya. kuning banget. tapi setelah fototerapi yang ke 3 kaali pas umur sebulan kurang sehari langsung putih matanya dan ga pernah kuning lagi.

      Hapus
  22. Mom... Jadi gini
    Halumi lahir caesar tgl. 15 september 2016
    Trus pas tgl. 18 september 2016 harusnya pulang dari RS tapi cek bilirubin dia hasilnya 17 dan harus fototerapi, akhirnya masuk perina dari tgl. 18 sore pulang tgl. 19 dengan bilirubin 10,6...
    Selama pulang dari RS itu ga ada matahari...
    Nah tgl. 27 kontrol bilirubin naik 22 akhirnya masuk perina lagi dari tgl. 27 - tgl. 30 boleh pulang bilirubin 11,2
    3 Oktober aku kontrol lagi katanya bagus suruh asi aja..
    Seminggu aku asi-in plus jemur kalo pagi 20menit, tapi masih kuning bagian matanya tapi pup sama baknya normal, airnya jernih, pupnya kuning biji2an gitu... akhirnya karena aku khawatir periksalah ke hermina hari sabtu, dokternya bilang agak kuning akhirnya ambil darah lagi bilirubinnya 15, direct 1, indirectnya 14
    Nah dia bilang ini breast milk jaundice dan disuruh puasa asi seminggu ganti pake sufor, nah di hari kedua tapi aku liat mata halumi malah tetap kuning seperti biasanya di ujung matanya...
    Dia bilang jangan dibangunin kalo lagi tidur
    Tapi sampe hari ini masih kuning mom.. Dan dari hari ketiga udah mulai aku asiin lagi.. Padahal besok genap sebulan.. Aku khawatir mom.. Pasti ilang kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pernah baca-baca ada yang sampe umur 3 bulan kuningnya karna BMJ ini. harusnya sih ilang mom. cuma sebaiknya mom sering konsultasi aja sama dokter. karna kan kita ga paham ya, dokter lebih tau gimana-gimana nya. cukup tinggi ya mom bilirubinnya.

      kalo BMJ sih ada yang bilang ttp kasih asi aja, atau campur sufor. kalo dl saya tetep kasih asi kalo gak tar asinya berenti. atau mom pompa ajah buat setok kan asipnya.

      semangat ya mom. semoga bilirubinnya cepet normal dan gak kuning lagi.

      Hapus
  23. Mom.. Anak ku skrg usianya 3minggu..
    Waktu usia 7hari dokter nyatain kalo ank ku kuning pas di tes bilirubinnya sampe 17. Harus msk perina dan disinar.
    Setelah 2hr sdh blh plg dan kuning nya turun. Tp skrg msh kuning disekitar muka dan matanya. Gol darah anak ku dan aku beda. Sempet 1hr aku ksh sufor. Lalu cek lg ke dokter yg beda dan dokter trs bilg "gpp koq bu msh normal kuningnya" 😭😭 terus aja ksh asi.
    Akhrnya sufornya ga aku pke aku ttp ksh asi. Tp smpe skrg kuningnya tak kunjung hilang??? Sebaiknya langkah apa yg hrs saya ambil ya mom?? Mhn share nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap pantau dan susuin terus ya mom. Kalau memang kuningnya masih ada juga saat usianya udah sebulan, sebaiknya cek bilirubin lagi. supaya ketauan masih tinggi atau ngga. karna pas kenzie umur sebulan masih kuning, dicek lagi ternyata tinggi sampe 18,5. semoga kuningnya cepat hilang dan gak perlu di sinar lagi yaa

      Hapus

 

Follow Us @soratemplates