Jumat, 09 Maret 2012

# bayi # bayi kuning

Bayi Kuning karena Bilirubin Tinggi

"Ibu, bayi ibu agak kuning. Bilirubinnya 11,7mg/dl jadi bayi ibu harus masuk ruang perinatologi untuk disinar biru agar bilirubinnya turun. Golongan darah ibu berbeda dengan golongan darah bayi, ibu O dan bayi A. Bayi harus dirawat di ruang perinatologi selama 24 jam sampai bilirubinnya turun sekitar 10mg/dl, jadi baru bisa keluar besok siang. Mudah-mudahan bisa pulang bareng dengan ibunya."

Astaghfirullah, ada apa ini? Dokter spesialis anak ku visit untuk pertama kalinya dan memberitahukan berita itu. Bayi kuning? Bilirubin? Pernah saya mendengar istilah itu. Tapi saya belum paham apa maksud dari istilah tersebut. Harus dirawat? Nyeeess.. Air mata saya langsung menetes begitu saja. Bayi yang baru lahir 3 hari harus dirawat? Semua perasaan campur aduk menghantui saya.Saking paniknya, saya tidak menanyakan  apa penyebabnya, mengapa itu bisa terjadi, dan apa itu bilirubin.

Kenzie di Ruang Perinatologi

Jadi, kata dokter semua bayi bisa saja kuning karena bilirubinnya tinggi, namun karena perbedaan golongan darah anatar ibu dan anak, resiko bilirubin naik lebih cepat. Perbedaan golongan darah ini hanya terjadi pada ibu yang golongan darahnya O dan anaknya A atau B.

Kenzie masuk ruang perinatologi sebanyak 2 kali:
Pertama, pada hari ketiga setelah lahir (21 Februari 2012) , Kenzie masuk Perinatologi dan disinar biru single karena bilirubinnya 11,7mg/dl. Setelah 24 jam disinar, bilirubin turun menjadi 10,5mg/dl dan Kenzie diizinkan untuk pulang. 

Kedua, pada hari ketujuh setelah lahir (25 Februari 2012), Kenzie kontrol dan ternyata dokter menyatakan kalau Kenzie masih kuning dan mungkin kadar bilirubinnya  >12mg/dl. Akhirnya, Kenzie tes darah lagi. Astaghfirullah, ternyata hasilnya 19,5mg. Sedih rasanya. Saya sebagai ibu merasa sangat tidak berguna karena bilirubin Kenzie sampai tinggi seperti itu. Kenzie harus dirawat lagi di Perinatologi selama 4 hari dengan triple sinar biru. Kulit Kenzie sampai kering karena tiga lampu sinar biru. Karena sinar biru yang banyak akan mengakibatkan bayi merasa ngat haus, akhirnya Kenzie minum sufor untuk memperbanyak cairan yang masuk. Saya hanya bisa menggendong dan menyusuinya pada jam besuk saja, yaitu pukul 11.00-12.00 dan pukul 17.00-18.00. Rasa sakit pada perut setelah operasi caesar tidak saya pikirkan ketika harus bolak-balik ke rumah sakit, yang penting saya bisa memeluk Kenzie. Satu jam yang sangat-sangat berharga. Setelah hari keempat, Kenzie diizinkan pulang karena bilirubinnya sudah 9,7mg/dl. Alhamdulillah ya Allah.

Jadi, apa sih bilirubin itu? 
Dalam tubuh manusia, darah yang baru sedang dihasilkan sepanjang waktu dan darah yang lama sedang dimusnahkan. Salah satu produk darah yang dimusnahkan dikenal sebagai bilirubin.
Peningkatan bilirubin terjadi pada 2 sampai 4 hari setelah kelahiran.

Apa penyebab bilirubin meningkat?
  1. Organ hati yang belum sempurna, makan hati belum bisa memecah sel darah tersebut dengan sempurna.
  2. Perbedaan golongan darah ibu (O) dan anak (A atau B) yang dimana dalam darah ibu terdapat Anti A dan anti B yang malah menghancurkan sel darah marah bayi yang menyebabkan bilirubin meningkat.
  3. Kekurangan enzim G6PD (Glucosa 6 phospate Dehidrogenase) yang berfungsi memperkuat sel darah merah agar tidak mudah pecah
  4. Bayi dengan kelainan fungsi hati yang tidak dapat memecah sel darah merah
  5. Bayi yang kekurangan cairan karena pada hari pertama atau kedua setalah persalinan kadang ASI belum keluar
  6. Bayi lahir dengan bantuan alat vakum
Ciri-ciri bayi kuning:
  1. Lebih banyak tidur dan malas menyusu
  2. Bola mata bagian putih menguning
  3. Jika kulit ditekan maka akan terlihat warna kuning. 
Penanganan bayi kuning:
  1. Jika kadar bilirubin tidak terlalu tinggi, bayi cukup dijemur dengan sinar matahari selama 30 menit dan banyak menyusu
  2. Jika bilirubin sangat tinggi, maka bayi harus disinar biru.
Kenzie memang terlihat sangat nyenyak tidurnya dan malas menyusu. Sebagai ibu baru, saya tidak mengerti kalau ternyata hal tersebut merupakan akibat dari bilirubinnya yang tinggi. Saya menganggap Kenzie bayi yang anteng dan tidak rewel.

Sekarang, saya harus rajin menyusui Kenzie, minimal 2 jam sekali. Susah sekali membangunkan Kenzie yang tidurnya sangat nyenyak. Sampai sekarang Kenzie masih sering tidur dibandingkan terjaganya. Namun saya harus tetap membangunkannya dengan cukup susah.

Butuh perjuangan dan kekuatan hati melewati ini semua. Rasanya tidak tega ketika melihat bola matanya yang berwarna kuning. Untung ada suami yang selalu menguatkan saya melewati ini semua.

Doakan Kenzie ya semoga sehat selalu dan tidak kuning lagi.
Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat untuk yang membacanya. Jika ada bunda yang mengalami hal yang sama, silahkan sharing. Supaya ilmu dan pengetahuan kita bertambah. Terima kasih :)


18 komentar:

  1. Ibu hari ini kasus saya sama persis dengan yang keluarga saya alami, anak saya kuning dan sedang di inkubator. apakah bisa sembuh penyakit kuning ini? thank firmansyah

    BalasHapus
  2. Bunda ini sama dengan anak saya puan namanya kmrn sdh sempat dsinar 3jari bilirubin 19, ini umurnya 15hari tp masih jg sering tertidur pulas. Kenzi umur brp sembuh totalnya bunda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii mbak. Kenzie bener-bener sembuh total pas umurnya 1 bulan

      Hapus
  3. kasusnya sama mba..anak saya kemaren juga dirawat 3 hari 2 malam karena bilinya tinggi 23,3..pulang drawat dr rs bilirubinnya turun dibawah 10..tapi sejak dia plang hingga hari ini kurang lebih dah 10 hari sejak dia pulang mathari ga ada, jadi anak saya ga dijemur2..semakin kesini saya perhatikan kuningnya dateng lg terutama di area muka dan bola matanya yg menguning..pipisnya pun brwarna kuning..untuk kenzie perawatn dirumah stelah plang dr rs apa mba? kenzie sembuh total pas umur 1 bulan yah ,mba? itu perawatan drumahnya sperti apa mba? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak maafkan komen ini terlewat.. :( perawatan di rumah sih cuma banyak minum susu aja mbak. Kenzie pas kuning gitu dibantu sufor karena ada kemungkinan breastmilk jaundice kata dokternya. Tinggi juga ya mbak bilirubinnya. tapi gak sampai ganti darah kan? skrg gimana keadaan si kecil? semoga sehat selalu yaaa.. aamiin..

      Hapus
  4. Anak saya jg sedang mengalami hal yg sama, sudah disinar dan sekarang dirawat dirumah, tp susah banget nyusunya.. Saya panik sekali.. Bagaimana perawatan kenzie dirumah hingga benar2 sembuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai.. Kenzie sih gak ada perawatan khusus saat dirumah. cuma banyak minum susu aja. kalo ada matahari pasti dijemur. Kenzie benar-benar hilang kuningnya karna disinar. Karena penyebabnya perbedaan golongan darah, jadinya agak sulit kalo cuma mengandalkan matahari.

      Susa nyusu? itulah kesulitan terbesarnya. bayi lebih seneng tidur dan susah sekali dibanguninnya. Ibunya harus semangat yaaa. 2 jam sekali kasih susu. Semoga si kecil sehat selalu...

      Hapus
  5. Mbk anak sy mengalami hal yg sama,krn beda golda,sempat disinar 4 hari namun krna musim hujan jarang dpat matahari sekarang agak kuning lagi..nyusu sudh sy usahakan 2 jam sekali full asi..mbk bagaimana waktu kenzie pulang disinar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo karena glongan darah emang ga bisa cuma dengan jemur aja mbak. harus di fototerapi. pas udah dirumah Kenzie nyusunya lumayan sih, karena masih dibantu sufor sedikit. tapi dia masih kuning aja sampe umur sebulanan. setelah fototerapi yang ke3 kali baru bener-bener ilang kuningnya.

      Hapus
  6. Hi mom..anak ke2 sy Maher jg msh kuning pdhl hari ini genap 1bulan umurnya.terakhir cek lab hari minggu kmrn bilubirinnya msh 12.90.bb lahir 2,6kg,hari ke turun jd 2,4kg.skrg sdh 4065gr.sy jd bingung knp teteap kuning pdhl dy kuat nyusunya tiap 2jam.sdh dibawa rs tp katanya blm perlu disinar.minta saran nya ya mom..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mom, wah itu naiknya banyak sampe udha 4kg. coba cari second opinion mom buat cari tau penyebab si kuningnya. harus dicari tau biar sampe bener-bener pulih. kasian kalo lama-lama kuning gitu

      Hapus
  7. Hai bund , anak saya sama persis kayk kenzi , mlah kadarnya tinggi bngt kmrn 26,60 trus di ftoterapy sampai 1minggu lalu udah trun jadi 8 blirubinnya, tp saya ttp tkt , tkt kalau naik lg. Mau d bntu d jmur lg msm hujan trus dsni, trus kalau wkt menyusu suka ngamuk , pdhal dia snang nyusunya.walaupun sdah dbwah 10 apkh blirubnya mash bsa naik ya bun .soalnya skrg mash agk kuning bngt kalau malm.

    BalasHapus
  8. Hai bund , anak saya sama persis kayk kenzi , mlah kadarnya tinggi bngt kmrn 26,60 trus di ftoterapy sampai 1minggu lalu udah trun jadi 8 blirubinnya, tp saya ttp tkt , tkt kalau naik lg. Mau d bntu d jmur lg msm hujan trus dsni, trus kalau wkt menyusu suka ngamuk , pdhal dia snang nyusunya.walaupun sdah dbwah 10 apkh blirubnya mash bsa naik ya bun .soalnya skrg mash agk kuning bngt kalau malm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau perbedaan golongan darah ada kemungkinan naik lgi. lalu skrg gimana keadaannya? maaf yaa saya udah lama sekali ga buka blog. sehat selalu untuk si kecil

      Hapus
  9. Hai bunda, sy baru lahiran seminggu lalu dan anak sy juga di fototerapi double krna kadar bilirubin nya 19.5 sehari pertama lgsung turun jadi 11koma sekian. skrg sudah hari ke3 berharap bgt bisa pulang skrg . bunda kenzi selama pake sufor itu bayi nya ga jadi bingung puting? Sy takut nya jd bungung puting dan kebetulan ASI saya juga blm terlalu banyak 😢. Takut nanti bisa naik lagi kadarnya grgr kurang asi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga bingung puting mbak. tapi karna asi saya jadi seret karna stress, kenzie jadi marah nyusunya..

      Hapus
  10. Bayi saya sudah umur sekira satu minggu kadar nya nyampe 14mg apa gak bahaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalo kadarnya segitu harus fototerapi. karna minimal . skrg gimana keadaannya?

      Hapus

 

Follow Us @soratemplates