Jumat, 17 Februari 2012

# bayi # ibu

Perkembangan Janin 37 minggu

Source: http://babysehat.files.wordpress.com/2011/09/bayi-kandungan.gif
Sudah lama gak berbagi cerita tentang perkembangan si kecil di dalam rahim.. Mumpung sekarang lagi sempet, saya mau berbagi cerita tentang perkembangan di usia 37 minggu ini..
Hari ini (17 Februari 2012) saya periksa si kecil. Usianya sudah masuk ke 37 minggu, yang artinya waktu persalinan semakin dekat. Rasanya exited sekali, tapi degdegan juga. Hehehe
Berikut hasil periksa tadi:
  1. usia kehamilan sudah masuk 37 minggu
  2. Posisi kepala bayi sudah di bawah dan sudah masuk jalan lahir
  3. Posisi plasenta bagus
  4. Jumlah air ketuban cukup
  5. Berat badan janin 3100 gram
  6. ukuran lingkar otak 5cm
Dari hasil tersebut, dokter bilang kalau si kecil sudah siap untuk lahir. Wah, begitu dokter bilang sudah siap untuk lahir, rasanya senang tapi langsung degdegan. Gak terasa waktu persalinan ternyata sudah sangat dekat. 

Di usia 37 minggu ini saya disarankan oleh dokter untuk melakukan jalan pagi setiap hari dan mengulang gerakan senam hamil di rumah selama 30 menit. Kegiatan ini membantu untuk kelancaran persalinan dan memudahkan untuk persalinan normal.
Selain itu, tadi dokter memeriksa panggul. Dari pemeriksaan tersebut dokter menyimpulkan bahwa kepala bayi sudah berada di jalan lahir dan saya bisa melahirkan secara normal. Alhamdulillah. Semoga saya benar-benar bisa melahirkan secara normal, karena saya ga ingin melahirkan secara caesar.

Kontraksi sudah mulai dirasakan sejak usia kandungan menginjak 35 minggu. Namun, ini merupakan kontraksi palsu. Kontraksi yang saya rasakan tidar rutin, hanya terjadi beberapa kali dalam sehari dan lamanya tidak jelas. Rasanya seperti nyeri perut bawah saat haid.
Kontraksi yang sesungguhnya itu bisa kita ketahui dari waktu terjadinya rasa kencang di perut dan rasa mulas. Jika kontraksi tersebut dirasakan makin sering, dari 1 jam sekali, 10 menit sekali, bahkan 5 menit sekali, dokter mengatakan bahwa saya harus segera datang ke rumah sakit. Jangan sampai mengalami pecah ketuban. Jika mengalami hal tersebut, bumil tidak diperbolehkan duduk atau berdiri. Bumil harus selalu tiduran selama perjalanan ke rumah sakit.

Di usia 37 minggu, suami juga harus mulai siaga karena persalinan bisa terjadi kapan saja. Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan ibu dan bayi yang harus dibawa ke rumah sakit. Siapkan juga surat-surat, hasil usg, hasil lab, dll yang berhubungan selama kehamilan.

Semoga semuanya dilancarkan dan dimudahkan. Si kecil bisa lahir normal, sehat, dan sempurna. Amin..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Follow Us @soratemplates